REDESAIN DAN PERFORMANCE BASED ANALYSIS STRUKTUR BETON BERTULANG GEDUNG IGD TERPADU RSUD PROVINSI NTB TERHADAP BEBAN GEMPA DENGAN METODE DIRECT DISPLACEMENT BASED DESIGN (DDBD) SISTEM GANDA ” Redesign and Performance Based Analysis Of Reinforced Concrete Structure Of Integrated Emergency Room Of NTB Provincial Hospital Against Earthquake Load With Direct Displacement Based Design (DDBD) and Dual System”

YUNI NURPI, TRIANI (2023) REDESAIN DAN PERFORMANCE BASED ANALYSIS STRUKTUR BETON BERTULANG GEDUNG IGD TERPADU RSUD PROVINSI NTB TERHADAP BEBAN GEMPA DENGAN METODE DIRECT DISPLACEMENT BASED DESIGN (DDBD) SISTEM GANDA ” Redesign and Performance Based Analysis Of Reinforced Concrete Structure Of Integrated Emergency Room Of NTB Provincial Hospital Against Earthquake Load With Direct Displacement Based Design (DDBD) and Dual System”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNI NURPITRIANI_F1A118085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH YUNI NURPITRIANI_F1A118085.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit Umum Daerah Provinsi NTB, saat ini sedang melakukan pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan berupa pembangunan gedung IGD Terpadu. Kedepannya Rumah Sakit ini akan menjadi Rumah Sakit Tipe A. Perencanaan bangunan yang matang juga diperlukan untuk menjamin kualitas dari gedung IGD Terpadu ini baik dari segi fasilitas maupun dari segi kekuatan dan ketahanan bangunannya. Dimana rumah sakit sendiri merupakan bangunan vital yang tidak boleh roboh saat terjadi gempa. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mulai tahun 2000- an perancangan bangunan terhadap gempa mulai menggunakan konsep perancangan berbasis kinerja (Performance Based). Konsep perancangan berbasis kinerja merupakan kombinasi dari aspek tahanan dan aspek layan. Metode analisa gempa Direct Displacement Based Design (DDBD) adalah salah satu metode perencanaan berbasis kinerja yang merupakan metode terbaru saat ini. Metode ini menekankan pada nilai perpindahan (Displacement) sebagai acuan untuk menentukan kekuatan yang diperlukan bangunan terhadap gempa desain. Dalam perhitungannya metode ini perlu dievaluasi menggunakan Analisa Pushover untuk mengecek tingkat kinerja yang diinginkan dan mendapat performance point serta parameter-parameter lainnya. Dari hasil perancangan didapatkan nilai simpangan aktual Nilai simpangan aktual berdasarkan analisa pushover aturan FEMA 356 dan ATC 40. Untuk FEMA 356 simpangan arah x sebesar 0,0051 dan 0,005 pada arah y. Pada ATC 40 untuk arah x sebesar 0,003 dan arah y sebesar 0,0024. Secara keseluruhan struktur memiliki level kinerja immediate Occupancy yang belum mencapai target desain awal yaitu life safety namun berada pada level kinerja yang lebih tinggi. Nilai taget perpindahan analisa pushover memiliki selisih dengan desain awal DDBD, yang menunjukan peningkatan kekakuan lebih besar. Untuk perbandingan nilai drift ratio antar lantai masih dibawah limit 0,02, sedangkan nilai displacement menunjukan nilai yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Direct Displacement Based Design, Sistem Ganda dan Pushover Analysis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:56
Last Modified: 31 Aug 2023 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42438

Actions (login required)

View Item View Item