PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH VERTISOL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.)

ALVI MAY, DAYANA (2023) PENGARUH PEMBERIAN BIOCHAR TERHADAP PERUBAHAN SIFAT KIMIA TANAH VERTISOL DAN PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALVI MAYDAYANA (18 Agu 23) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_ALVI MAYDAYANA-2.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Tanah vertisol merupakan tanah yang memiliki nilai kapasitas tukar kation yang tinggi namun cenderung kandungan bahan organiknya rendah. Disamping itu ketersediaan unsur hara pada tanah vertisol cenderung rendah dikarenakan unsur-unsur tersebut terikat oleh partikel tanah berliat (clay), sehingga ketersediaannya untuk tanaman menjadi terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian biochar sekam padi dan biochar tongkol jagung terhadap perubahan sifat kimia tanah vertisol dan pertumbuhan vegetatif kacang hijau (Vigna radiata L.). rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan metode eksperimental. Terdapat 8 perlakuan yang diulang sebanyak 6 kali, sehingga total terdapat 48 unit percobaan. Perlakuan sekam padi (P) meliputi kontrol (BSP0), (BSP1) biochar sekam padi dengan dosis 60 g/kg tanah (150 ton/ha), (BSP2) biochar sekam padi dengan dosis 30 g/kg tanah (75 ton/ha), dan (BSP3) biochar sekam padi dengan dosis 15 g/kg tanah (37,5 ton/ha). Perlakuan biochar tongkol jagung (J) meliputi kontrol (BTJ0), (BTJ1) biochar tongkol jagung dengan dosis 60 g/kg tanah (150 ton/ha), biochar tongkol jagung dengan dosis 30 g/kg tanah (75 ton/ha) + 2,5 kg tanah (BTJ2), (BTJ3) biochar tongkol jagung dengan dosis 15 g/kg tanah (37,5 ton/ha). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan menggunakan BNJ pada taraf nyata 5%. Analisis tanah dilakuakan di Laboratorium Fisika Tanah dan Laboratorium Kimia Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian biochar mempengaruhi sifat kimia tanah (pH, KTK, C-organik) dan pertumbuhan tanaman kacang hijau pada umur 21 HST, 28 HST, dan 35 HST. Namun biochar tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman kacang hijau pada umur 7 HST dan 14 HST serta jumlah helai daun dan berat berangkasan kering tanaman kacang hijau tidak memberikan pengaruh nyata

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Vertisol; Kacang Hijau; Biochar
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:56
Last Modified: 31 Aug 2023 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42442

Actions (login required)

View Item View Item