PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM

SAF, WAN (2023) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAFWAN L1B017103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SAFWAN (L1B017103).pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Universitas Mataram merupakan salah satu universitas yang terletak di kota Mataram NTB, yang didirikan pada tanggal 3 November 1962 dan hingga saat ini Universitas Mataram sudah menjadi salah satu universitas unggulan di Lombok NTB. Hal ini dikarenakan Universitas mataram terus melakukan inovasi dan perkembangan pada proses dan cara dalam melakukan pengajaran kepada mahasiswanya, hal itu dapat dirasakan ketika wabah covid-19 mewabah di hampir seluruh dunia, yang mana menyebabkan gangguan dan dampak yang cukup besar dalam segala aspek kehidupan dan dampak paling besar yang dapat dirasakan adalah pada dunia pendidikan dan juga kesehatan. Demi terus dapat menyampaikan ilmu pengetahuan kepada mahasiswanya, Universitas Mataram menerapkan metode pembelajaran online selama masa pandemi berlangsung. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui pengaruh komunikasi persuasif dalam proses pembelajaran online terhadap minat belajar mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Mataram. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis isi deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yaitu pada bulan Mei - Juni 2023 dengan jumlah sampel penelitian sejumlah 119 responden dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dari teori Cohen (2007). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, adanya pengaruh komunikasi persuasif yang signifikan terhadap minat belajar mahasiswa Universitas Mataram selama proses pembelajaran dilakukan secara online, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya jumlah respon setuju pada tiap-tiap butir pernyataan dalam kuesioner yang sudah diberikan kepada masing-masing responden.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komunikasi persuasif, minat belajar, pembelajaran online.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:56
Last Modified: 31 Aug 2023 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42450

Actions (login required)

View Item View Item