ANALISIS FOTO JURNALISTIK PADA HEADLINE SURAT KABAR (STUDI DESKRIPTIF DISCURSIVE NEWS VALUE ANALYSIS PADA FOTO HEADLINE LOMBOK POST PERIODE NOVEMBER-DESEMBER 2022)

Lailatul, Fitria (2023) ANALISIS FOTO JURNALISTIK PADA HEADLINE SURAT KABAR (STUDI DESKRIPTIF DISCURSIVE NEWS VALUE ANALYSIS PADA FOTO HEADLINE LOMBOK POST PERIODE NOVEMBER-DESEMBER 2022). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LAILATUL FITRIA_L1B019051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_LAILATUL FITRIA_L1B019051.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Foto di media massa bukan hanya pelengkap, tetapi pesan utama yang terhubung dengan pembaca. Nilai berita menjadi kriteria dalam menentukan peristiwa yang layak diangkat menjadi berita, dan foto headline berperan dalam memberikan dimensi visual dan teks yang mengintegrasikan nilai-nilai berita tersebut. Penelitian analisis foto headline Lombok Post periode November-Desember 2022, berfokus pada bagaimana Lombok Post membangun kelayakan foto headline secara visual dan tekstual berdasarkan kriteria nilai berita oleh Bednarek & Caple dalam "The Discourse of News Values". Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik Analisis Nilai Berita Diskursif (Discursive News Value Analysis). Lombok Post secara efektif membangun kelayakan berita dengan menggabungkan elemen visual dan teks yang saling mendukung. Foto headline, gambar dan caption tidak hanya saling melengkapi, tetapi juga memperkuat interpretasi nilai berita yang sama, menciptakan pemahaman yang konsisten dan jelas bagi pembaca. Foto headline menggambarkan nilai berita yang konsisten dan jelas, harmonisasi antara judul dan gambar dijaga, menciptakan pemahaman yang konsisten. Lombok Post memberikan konteks tambahan dan penjelasan mendalam terhadap berita yang dipresentasikan melalui gambar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discursive News Value Analysis, foto headline, Lombok Post, nilai berita.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:57
Last Modified: 31 Aug 2023 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42456

Actions (login required)

View Item View Item