ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN RUMPUT LAUT : STUDI KASUS PADA UD. ARES DI KOTA MATARAM

Ratih, Purnamasari (2023) ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN RUMPUT LAUT : STUDI KASUS PADA UD. ARES DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Ratih Purnamasari_Analisis Kelayakan Usaha dan Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut (Studi Kasus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
J_Ratih Purnamasari_Analisis Kelayakan Usaha dan Pemasaran Produk Olahan Rumput Laut (Studi Kasus.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan : (1) Menganalisis biaya produksi dan nilai produksi pengolahan rumput laut di UD. Ares; (2) Menganalisis besar nilai tambah usaha pengolahan rumput laut di UD. Ares; (3) Menganalisis kelayakan usaha pengolahan rumput laut di UD. Ares; (4) Mengidentifikasi saluran dan mengetahui margin pemasaran produk olahan rumput laut di UD. Ares. Metode penelitian adalah metode studi kasus. Unit analisis adalah UD. Ares yang mengolah rumput laut dalam bentuk keripik, rengginang dan serbat jahe. Teknik penentuan responden pengusaha dengan teknik purposive sampling. Sedangkan responden untuk lembaga pemasaran dengan snowball sampling. Jenis data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan teknik survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Biaya produksi dan nilai produksi per bulan pada usaha pengolahan rumput laut di UD. Ares adalah Rp 28.389.419 dan Rp 47.560.000. (2) Nilai tambah per bulan diperoleh sebesar Rp 58.890.586, dengan nilai tambah yang paling besar adalah produk keripik Rp 45.149.845. Upah tenaga kerja sebanyak Rp 14.000.000 per bulan. (3) Kelayakan usaha menggunakan Gross B/C Ratio diperoleh untuk produk keripik sebesar 2,93. Rengginang sebesar 1,72 dan serbat jahe sebesar 2,26, artinya usaha dinyatakan layak karena Gross B/C Ratio>1,05. (4) Saluran pemasaran yang digunakan UD. Ares yaitu nol tingkat (produsen ke konsumen) dan satu tingkat (produsen, pengecer dan konsumen). Margin pemasaran untuk produk keripik sebesar Rp 12.000 atau 44%, produk rengginang sebesar Rp 11.000 atau 42 % dan produk serbat jahe sebesar Rp 14.000 atau 45%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, Rumput laut, Kelayakan Usaha, Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 05:50
Last Modified: 31 Aug 2023 05:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42459

Actions (login required)

View Item View Item