ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DI NUSA TENGGARA BARAT MENGGUNAKAN MODEL SPATIAL AUTOREGRESSIVE (SAR)

RINI, SUSILAWATI (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DI NUSA TENGGARA BARAT MENGGUNAKAN MODEL SPATIAL AUTOREGRESSIVE (SAR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Rini Susilawati_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Rini Susilawati _JURNAL.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang selalu dihadapi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di Nusa Tenggara Barat sendiri, menunjukkan hasil penduduk miskin sekitar 713,89 jiwa berdasarkan hasil survey dari Badan Pusat Statistik Provinsi pada tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat model tingkat kemiskinan dan menentukan faktor-faktor yang signifikan dalam mempengaruhi tingkat kemiskinan di NTB. Pada penelitian ini, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Spatial Autoregressive (SAR). Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang menggunakan data tingkat kemiskinan kabupaten/kota di provinsi NTB pada tahun 2020 dengan variabel dependen berupa Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja,dan Kepadatan Penduduk. Hasil analisis dengan metode SAR menunjukkan bahwa dalam model yang terbentuk terdapat beberapa faktor yang signifikan terhadap kemiskinan yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pengangguran, dan kepadatan penduduk. Dalam model SAR yang diperoleh memberikan nilai R 2 sebesar 97% yang artinya model yang didapatkan sesuai dan mampu menjelaskan jumlah tingkat kemiskinan yang terdapat di NTB, sedangkan sisanya 3% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemiskinan, Spatial Autoregressive, koefisien determinasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:42
Last Modified: 31 Aug 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42466

Actions (login required)

View Item View Item