EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 1 SURABAYA UTARA

Lalu Giani Reja, Alkagari (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 1 SURABAYA UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD Skripsi (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan guru dikelas V di SDN 1 Surabaya Utara dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan media yang kurang inovatif sebagai pemberi informasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivtas penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) terhadap hasil belajar siswa siswa SDN 1 Surabaya Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen tipe non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Surabaya Utara yang berjumlah 46 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 23 peserta didik per kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan yakni uji t dengan uji pra syarat yakni uji normalitas data dan uji homogenitas data. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil 0,03 0,05 dalam taraf signifikan 5% yang berarti media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) efektif terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 1 Surabaya Utara Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Augmented Reality (AR), Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:21
Last Modified: 01 Sep 2023 08:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42486

Actions (login required)

View Item View Item