FUNGSI LEGISLASI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH NTB

Samwil, Fahmi (2023) FUNGSI LEGISLASI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Samwil_Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_sam.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan serta faktor-faktor apa yang menjadi hambatan Badan Permusyawaratan Desa dalam menjalankan fungsi legislasi di kecamatan Kopang kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini adalah penelitian empiris yang di mana lebih menitik beratkan pada data dan fakta yang terjadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Fungsi Legislasi Badan Permusyawaratan Desa menurut UU no.6 tahun 2014 tentang Desa di Kecamatan Kopang belum berjalan optimal, dikarenakan para anggota Badan Permusyawaratan Desa belum bisa memberikan haknya dalam hal menjadi inisiator perancangan peraturan desa, dan anggota Badan Permusyawaratan Desa belum memahami fungsi secara keseluruhan. Faktor penghambat dalam hal menjalankan atau melaksanakan fungsi legislator tingkat desa yaitu terkait dengan kesejahteraan anggota Badan Permusyawaratan Desa, tunjangan yang rendah serta kesibukan anggota Badan Permusyawaratan Desa yang memiliki pekerjaan di luar profesi pemerintahan Desa, serta sarana dan prasarana yang belum ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fungsi, Legislasi, Badan Permusyawaratan Desa
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:22
Last Modified: 01 Sep 2023 08:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42493

Actions (login required)

View Item View Item