PROBLEMATIKA GURU PPKn DALAM INTERNALISASI KARAKTER DEMOKRATIS PADA SISWA DI SMPN 1 LOPOK KABUPATEN SUMBAWA

TAUFIKUR, RAHMAN (2023) PROBLEMATIKA GURU PPKn DALAM INTERNALISASI KARAKTER DEMOKRATIS PADA SISWA DI SMPN 1 LOPOK KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TAUFIKURRAHMAN_E1B117066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL OPHE.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni (1) Untuk mendeskripsikan problematika guru PPKn dalam internalisasi karakter demokratis pada siswa di SMPN 1 Lopok Kabupaten Sumbawa. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi problematika guru PPKn dalam internalisasi karakter demokratis pada siswa di SMPN 1 Lopok Kabupaten Sumbawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru-guru PPKn. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala kesiswaan, dan Wakil kepala kurikulum di SMPN 1 Lopok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan tiga triangulasi (triangulasi teknik, sumber, dan waktu). Teknik analisis data penelitian (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika guru PPKn dalam internalisasi karakter demokratis pada siswa di SMPN 1 Lopok Kabupaten Sumbawa dapat di lihat dari: (1) problematika guru dalam transformasi nilai karakter demokratis yaitu guru belum memahami materi yang berkaitan dengan karakter demokratis, guru yang tidak dapat mengatur suasana kelas menjadi kondusip, guru kesulitan dalam menumbuhkan partisipasi peserta didik dalam memahami materi yang berkaitan dengan karakter demokratis. (2) problematika guru dalam transaksi nilai karakter demokratis yaitu guru yang kurang memiliki kreatifitas dalam mengajar materi yang berkaitan dengan karakter demokratis dilihat dari: a) peserta didik yang tidak merespon tentang apa yang diajarkan, b) peserta didik yang sibuk sendiri, c) peserta didik yang belum bisa mengulang kembali tentang apa yang di ajarkan (tidak adanya feedback), dan guru yang masih memiliki fasilitas yang kurang mendukung dalam mengajar materi yang berkaitan dengan karakter demokratis. (3) problematika guru dalam trans internalisasi nilai karakter demokratis yaitu mengenai jenis model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mendukung terkait dengan penyampaian materi berkaitan dengan karakter demokratis , dan guru tidak membiasakan peserta didik dalam proses belajar mengajar sesuai dengan karakter demokratis. Faktor-faktor yang mempengaruhi problematika guru PPKn dalam internalisasi karakter demokratis pada siswa di SMPN 1 Lopok Kabupaten Sumbawa yaitu: (1) faktor internal yang berasal dari dalam diri guru dapat dilihat dari guru yang kurang cermat dalam menemukan esensi materi PPKn yang berorientasi pada karakter demokratis, guru yang kurang memiliki kreativitas dalam menyampaikan materi PPKn yang berorientasi pada karakter demokratis, dan guru yang selalu merasa diri paling benar. (2) faktor eksternal yang berasal dari luar diri guru seperti karakteristik peserta didik, karakteristik kelas, dan karakteristik sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problematika guru PPKn, internalisasi karakter, karakter demokratis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:22
Last Modified: 01 Sep 2023 08:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42496

Actions (login required)

View Item View Item