RESIDU BAHAN AKTIF ASEFAT DAN DELTAMETRIN PADA TANAH INCEPTISOL DAN VERTISOL YANG DI TANAMI TEMBAKAU VIRGINIA DI PULAU LOMBOK

Mala, Apriana (2023) RESIDU BAHAN AKTIF ASEFAT DAN DELTAMETRIN PADA TANAH INCEPTISOL DAN VERTISOL YANG DI TANAMI TEMBAKAU VIRGINIA DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MALA APRIANA C1B017032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MALA APRIANA C1B017032.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Tembakau Virginia (Nicotiana tabacum L.) merupakan salah satu komoditas unggulan di Pulau Lombok. Tembakau Virginia banyak dibudidayakan pada ordo Inceptisol dan Vertisol. Asefat dan Deltametrin merupakan insektisida berspektrum luas yang bertindak sebagai racun kontak dan racun perut. Bahan aktif deltametrin bersifat immobile karena terikat kuat pada partikel tanah dan tidak larut dalam air (Gilbert, 2014). Pada tingkat pencemaran akut deltametrin mampu mematikan organisme air. Penggunaan asefat dan deltametrin secara terus-menerus di lahan budidaya pertanian sangat berpotensi meningkatkan akumulasi residu pestisida di dalam tanah dan lingkungan (Schwedtz, 2001). Pencemaran tanah oleh deltametrin dilaporkan terjadi pada lahan pertanian di daerah Yogyakarta; residu terbanyak ditemukan pada lapisan top soil (Kurniawati et al., 2010). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status residu insektisida berbahan aktif Asefat dan Deltametrin pada ordo Inceptisol dan Vertisol yang ditanami tembakau Virginia di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah. Hasil analisis laboratorium menunjukkan bahwa Aplikasi pestisida berbahan aktif Asefat dan Deltametrin pada lahan tembakau Virginia di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah belum terdeteksi adanya residu Asefat dan Deltametrin. Adapun Batas pengukuran bahan aktif Asefat dan Deltametrin dengan menggunakan HPLC yang memiliki batas minimum deteksi 0,01 ppm belum dapat mendeteksi status residu di dalam tanah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Deltametrin, Asefat, Residu, Inceptisol dan Vertisol
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Sep 2023 11:23
Last Modified: 02 Sep 2023 11:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42507

Actions (login required)

View Item View Item