KINERJA SAMBUNGAN BAMBU MENGGUNAKAN KLEM PLASTIK SERAT DENGAN ALAT SAMBUNG BAUT PADA BERBAGAI VARIASI SUDUT GAYA The Performance of Bamboo Joints Using Fiber Plastic Clamps with Bolt Connection Tools on Various Style Angles

Made Ari, Sanjaya (2023) KINERJA SAMBUNGAN BAMBU MENGGUNAKAN KLEM PLASTIK SERAT DENGAN ALAT SAMBUNG BAUT PADA BERBAGAI VARIASI SUDUT GAYA The Performance of Bamboo Joints Using Fiber Plastic Clamps with Bolt Connection Tools on Various Style Angles. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. TUGAS AKHIR - MADE ARI SANJAYA - F1A019106.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
1. ARTIKEL ILMIAH - MADE ARI SANJAYA - F1A019106.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kuda-kuda adalah konstruksi yang tersusun dari rangkaian batang yang membentuk segitiga sehingga menghasilkan berbagai macam sudut. Salah satu alternatif pengganti kayu adalah bambu. Namun diperlukan perkuatan dalam sistem sambungan bambu dengan menambahkan klem yang terbuat dari limbah plastik PET yang sudah tidak terpakai yang nantinya dapat meratakan tegangan pada daerah sekitar lubang baut dan bidang kontak antara bambu dan pelat buhul. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh variasi sudut terhadap kinerja sambungan dan pola kegagalan pada sistem sambungan. Penelitian ini diawali dengan uji pendahuluan kadar air dan kuat tarik baut. Dalam penelitian ini menggunakan bambu galah, klem plastik serat, pelat buhul, dan baut dengan diameter 12. Dibuat 3 variasi sudut gaya yaitu 30°, 45° dan 90°, setiap benda uji dibuat masing-masing 3 benda uji. Kemudian diuji menggunakan bantuan loading frame dan diberi beban secara bertahap menggunakan hydraulic jack hingga sambungan mengalami kegagalan. Hasil pengujian dengan variasi sudut gaya 30°, 45°, dan 90° mengalami penurunan kekuatan sambungan pada sudut 45° dan 90° masing-masing sebesar 25.85% dan 35.38% dibandingkan dengan sudut 30° dengan hasil mendekati pola kegagalan I. Dapat disimpulkan sudut sangat berpengaruh dalam kuat tekan sambungan, jika semakin kecil sudut yang bekerja maka semakin besar pula kekuatan yang dapat dipikul oleh sambungan bambu tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bambu Galah, Klem Plastik Serat, Kuat Tekan, Sambungan Bambu, Variasi Sudut
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Sep 2023 11:23
Last Modified: 02 Sep 2023 11:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42508

Actions (login required)

View Item View Item