PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKS ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI DESA BEBER (Studi Kasus Di Dusun Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah)

DEVI PRADIAMA, PUJA (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKS ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA (ODGJ) DI DESA BEBER (Studi Kasus Di Dusun Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Devipuja Pembukuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel skripsi Devi Pradiama Puja.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Eks orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) merupakan orang yang pernah mengalami gangguan kejiwaan namun telah dinyatakan sembuh oleh orang dari rumah sakit jiwa dan dipulangkan kerumah masing-masing agar dapat berbaur dengan masyarakat dan keluarganya masing-masing. Keberadaan Eks ODGJ ditengah-tengah masyarakat tentu menimbulkan perbedaan-perbedaan persepsi, sikap maupun perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Eks ODGJ serta sikap dan perilaku masyarakat terhadap keberadaan Eks ODGJ di Desa Beber. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Blumer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah masyarakat Dusun Mertak Kesambik menunjukkan persepsi bahwa Eks ODGJ sebagai masyarakat biasa yang dapat berkontribusi dan memberikan fungsi sosialnya sebagai masyarakat Desa Beber, dapat berbaur dengan baik dan dapat menjadi potensi penambahan sumber daya manusia baik dalam kegiatan gotong royong maupun kegiatan adat lainnya adapun 20% masyarakat bersepsi bahwa Eks orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) sebagai orang yang tetap harus diwaspadai dan dapat memberikan dampak buruk bagi masyarakat, 85% masyarakat menunjukkan sikap menerima keberadaan Eks orang dalam gangguan jiwa namun tidak menutup kemungkinan ada 15% dari masyarakat menunjukkan sikap risih dan khawatir terhadap keberadan Eks orang dalam gangguan jiwa, serta hasil penelitian menunjukkan segenap masyarakat Dusun Mertak kesambik memperlakukan Eks ODGJ dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rehabilitas, Eks ODGJ, Persepsi, Sikap, Perilaku.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 02 Sep 2023 04:57
Last Modified: 02 Sep 2023 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42510

Actions (login required)

View Item View Item