ANALAISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017

SUMIYATI, SUMIYATI (2017) ANALAISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINGSAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SUMIYATI (E1R113070).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar tahun ajaran 2016/2017dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran yang ditinjau berdasarkan letak dan jenisnya serta mencari pola letak dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran berdasarkan perangkat kemampuan siswa dan indikator materi. Data diambil dari jawaban siswa yang diperoleh dari hasil ujian materi garis singgung lingkaran pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Oleh karena itu, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar yang berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan diambil sebanyak 15% dari populasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa menunjukan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa jika ditinjau berdasarkan letaknya terjadi pada process skills errors dan jika ditinjau berdasarkan jenisnya terjadi pada operasi. Adapun persentase kesalahan yang dilakukan adalah process skills errors sebesar 49,33 % dan kesalahan operasi sebesar 46,11%. Serta jika dilihat berdasarkan peringkat kemampuan siswa kesalahan dominan dilakukan oleh siswa yang berkemampuan rendah. Jika ditinjau berdasarkan letaknya kesalahan terjadi pada process skills errors dengan persentase kesalahan 70,67% sedangkan jika ditinjau berdasarkan jenisnya kesalahan dominan pada operasi dengan persentase kesalahan 61,11%. Lebih lanjut, jika ditinjau berdasarkan letaknya siswa banyak melakukan kesalahan pada KD 4.5 indikator 4.5.2 pada process skills errors dengan presentase kesalahan 55,00% dan jika ditinjau berdasarkan jenisnya siswa juga banyak melakukan kesalahan pada KD 4.5 indikator 4.5.2 pada operasi dengan persentase kesalahan sekitar 54,17%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, kesalahan dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 25 May 2018 01:40
Last Modified: 25 May 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item