STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI WARGA MEMBANGUN DESA WISATA “BUKIT BINTANG TIGA RASA” DUSUN SONGORAN DESA GELANGSAR KECAMATAN GUNUNGSARI

YULI, ATUN (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI WARGA MEMBANGUN DESA WISATA “BUKIT BINTANG TIGA RASA” DUSUN SONGORAN DESA GELANGSAR KECAMATAN GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIATUN L1B017116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL YULIATUN L1B017116.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh pemerinta desa dalam meningkatkan partisipasi warga membangun Desa Wisata Bukit Bintang Tiga Rasa di Dusun Songoran, Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan beberapa temuan yang tidak dapat dicapai dengan prosedur-prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi atau pengukuran (Mertha, 2020:6). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, in-depth interview, dan dokumentasi dan dilakukan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan desa wisata tersebut, pemerintah desa menggunakan strategi komunikasi secara langsung (komunikasi interpersonal dan kelompok), memilih para tokoh sebagai komunikator, pesan yang disampaikan berisi informasi terkait pembangunan desa wisata atau konsep pembangunan wisata Bukit Bintang Tiga Rasa, arahan dan instruksi terkait pelaksanaan pembangunan desa wisata dengan motto “Bersama Membangun Desa, Untuk Masyarakat Sejahtera”, dan media komunikasi yang digunakan yaitu media cetak banner dan media internet WhatsApp.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Komunikasi, Pembangunan Desa, Wisata Bukit Bintang Tiga Rasa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42572

Actions (login required)

View Item View Item