KONSUMSI DAN KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM SAPI BALI JANTAN YANG DIBERIKAN DI KELOMPOK TERNAK NAGA JAYA KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA

NUR, HAYATI (2023) KONSUMSI DAN KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK RANSUM SAPI BALI JANTAN YANG DIBERIKAN DI KELOMPOK TERNAK NAGA JAYA KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ NURHAYATI _ B1D017231.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NURHAYATI.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan selama 3 bulan dari bulan April sampai Juni 2021, bertempat di Kelompok Ternak Naga Jaya Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Dalam penelitian ini menggunakan 3 ekor sapi bali jantan berumur 20-24 bulan, dengan bobot badan rata-rata selama pengamatan mencapai 292 kg. Variabel yang diamati pada penelitian ini meliputi tingkat konsumsi dan kecernaan Bahan kering (BK) dan Bahan organik (BO),Pertambahan Bobot Badan Harian (PBBH), dan Temperatur Lingkungan. Hasil data yang didapatkan pada penelitian ini dianalisis dengan prosedur analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan konsumsi BK 6,802 kg/ekor/hari atau 2,36 % konsumsi dari bobot badan, konsumsi Bahan organik (BO) 12,192 kg, kecernaan BK 61 %, kecernaan BO 84 %. Dengan pertambahan bobot badan mencapai 0,524 kg /ekor/hari. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan hijauan pada penggemukan sapi Bali jantan oleh peternak menghasilkan kecernaan bahan kering dan bahan organik cukup tinggi, namun memberikan konsumsi BO yang relatif rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konsumsi, KcBK, KcBO, PBBH Sapi Bali.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42573

Actions (login required)

View Item View Item