KAJIAN HUKUM KERJASAMA ANTARA PENGERAJIN SONGKET DENGAN BUMDES MANDIRI DI DESA PANDAN INDAH (Studi Di Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah)

WAWAN, ADRIAN (2023) KAJIAN HUKUM KERJASAMA ANTARA PENGERAJIN SONGKET DENGAN BUMDES MANDIRI DI DESA PANDAN INDAH (Studi Di Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAWAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH WAWAN ADRIAN.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perjanjian kerjasama yang di lakukan oleh Badan Usaha Milik desa Pandan Indah dengan Pengerajin Songket desa Pandan Indah adalah perjanjian di bawah tangan atau perjanjian tertulis. Perjanjian itu hanya mengikat para pihak dalam perjanjian, tetapi tidak mempunyai kekuatan mengikat pihak ketiga. Dengan kata lain, jika perjanjian tersebut disangkal pihak ketiga maka para pihak atau salah satu pihak dari perjanjian itu berkewajiban mengajukan bukti-bukti yang diperlukan untuk membuktikan keberatan pihak ketiga dimaksud tidak berdasar dan tidak dapat dibenarkan. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah normatif-empiris , yaitu suatu metode penelitian dalam hal ini menggabungkan jenis penlitian hukum normatif kemudian di dukung dengan data yang merupakan data empirs. Penelitian hukum normatif empiris mengkaji bentuk perjanjian atau implementasi ketentuan hukum positif secara Faktual pada setiap pristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini Menggunakan pendekatan Undang undang, konseptual, dan pendekatan sosiologis. Adapun jenis dan sumber data yang di gunakan yaitu data skunder dan data primer.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan Kajian Hukum Kerjasama Antara Pengerajin Songket Dengan BUMDes Mandiri Di Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah bahwa pertama, perjanjian yang digunakan adalah perjanjian tertulis atau dibawah tangan. Perjanjian tertulis adalah perjanjian yang dibuat oleh para pihak dalam bentuk tulisan dan ditandatangi oleh para pihak yang bersangkutan, yaitu pihak BUMDes dengan masyarakat pengerajin songket. Kedua, apabila terjadinya wanprestasi yang dilakukan oleh pihak BUMDes atau masyarakat desa Pandan Indah maka akan diselesesaikain dengan cara kekeluargaan terlebih dahulu, jika tidak bisa diselesaikan dengan cara musyawarah xii maka akan diselesaikan melalui jalur hukum atau pengadilan sesuai dengan perundang-undangan hukum perdata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Kerjasama, BUMDes
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42577

Actions (login required)

View Item View Item