ANALISIS NILAI CI DAN HI PLANNING TARGET VOLUME (PTV) PADA PERENCANAAN RADIOTERAPI TEKNIK IMRT UNTUK TREATMENT KANKER NASOFARING

M. RISKY, FADILA (2023) ANALISIS NILAI CI DAN HI PLANNING TARGET VOLUME (PTV) PADA PERENCANAAN RADIOTERAPI TEKNIK IMRT UNTUK TREATMENT KANKER NASOFARING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_M. Risky Fadila_G1B019043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal M. Risky Fadila.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Analisis perencanaan PTV pada pengobatan kanker nasofaring menggunakan teknik IMRT merupakan evaluasi perencanaan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil perencanaan dosis yang maksimal. Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui kesesuaian dosis dan homogenitas dosis pada setiap PTV dan dosis yang diterima pada setiap PTV dan OAR dalam pengobatan kasus kanker nasofaring menggunakan teknik IMRT. Penelitian yang dilakukan menggunakan 20 hasil perencanaan pengobatan kanker nasofaring dengan melakukan analisis parameter Conformity Index (CI) dan Homogeneity Index (HI) untuk PTV 54, PTV 60, dan PTV 70 serta dosis serap yang diterima OAR. Hasil penelitian menunjukkan nilai indeks kesesuaian atau CI yang diterima yaitu berkisar untuk PTV 54, untuk PTV 60, dan untuk PTV 70. Sedangkan nilai homogenitas dosis atau HI yaitu berkisar untuk PTV 54, untuk PTV 60, dan untuk PTV 70. Sedangkan dosis yang diterima PTV yaitu pada PTV 54, PTV 60, dan PTV 70 berturut-turut adalah ( ) , ( ) , dan ( ) . Selain itu, dosis OAR yang diterima pada mandibula, batang otak, medula spinalis, mata kiri, mata kanan, lensa kiri, lensa kanan, nervous optic kiri, dan nervus optic kanan berturut turut adalah ( ) , ( ) , ( ) ( ) , ( ) , ( ) ( ) ( ) dan ( ) . Keseluruhan organ menerima dosis yang masih di bawah standar batas dosis maksimal yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PTV, Conformity Index, Homogeneity Index, Kanker Nasofaring
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42578

Actions (login required)

View Item View Item