KAJIAN MOBILISASI MERKURI (Hg) PADA TANAH TERCEMAR TAILING YANG DIBERI BIOCHAR PADA PERCOBAAN PENCUCIAN (LEACHING) TERTUTUP

BAIQ ELIZA PRIZMA, MAHARDHIKA (2023) KAJIAN MOBILISASI MERKURI (Hg) PADA TANAH TERCEMAR TAILING YANG DIBERI BIOCHAR PADA PERCOBAAN PENCUCIAN (LEACHING) TERTUTUP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ ELIZA (SEMUA BAB).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ELIZA.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi biochar terhadap mobilitas Hg pada percobaan leaching tertutup menggunakan tanah terkontaminasi tailing pengolahan emas. Percobaan factorial ditata menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAK) yang menguji tiga jenis biochar (biochar sekam padi, tempurung kelapa, dan biochar tongkol jagung) dan tiga dosis biochar (0, 10 ton ha-1 dan 15 ton ha-1 ). Kolom PVC yang berisi campuran tanah tercemar dan dibiochar disiram dengan air bebas ion sebanyak empat kali pencucian dengan total penyiraman 1090 ml. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi biochar dapat menurunkan mobilitas merkuri (Hg) pada tanah tercemar tailing pengolahan emas. Konsentrasi Hg terlarut dalam leachate menurun dengan peningkatan dosis aplikasi biochar. Leachate dari perlakukan biochar tongkol jagung (15 ton ha-1 ) menunjukkan konsentrasi Hg paling rendah sebesar 0,0012 ppm namun tidak berbeda nyata dengan leachate dari kolom tanah yang diaplikasikan biochar tempurung kelapa dan sekam padi. Konsentrasi Hg pada hasil pencucian (leachate) pada semua perlakuan biochar berkisar 0,0012 - 0,0062 ppm berbeda nyata dengan konsentrasi leachate dari kolom tanah tanpa biochar yakni 1,62 ppm. Hal ini memberikan petunjuk bahwa biochar dapat mengurangi laju pencucian, sehingga konsentrasi Hg tidak banyak tercuci di dalam tanah. Oleh karena itu, biochar dapat dijadikan sebagai bahan pembenah tanah dalam meremidiasi tanah tercemar merkuri (Hg) sehingga dapat memperlambat mobilitas merkuri (Hg) agar berdampak kecil pada lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biochar, leachate, Merkuri (Hg), Mobilisasi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42580

Actions (login required)

View Item View Item