ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMILIHAN KAPAL FERRY DAN KARAKTERISTIK PERJALANAN PENUMPANG DI PELABUHAN LEMBAR-PADANGBAI

ADE SATRYA, PAMUNGKAS (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PEMILIHAN KAPAL FERRY DAN KARAKTERISTIK PERJALANAN PENUMPANG DI PELABUHAN LEMBAR-PADANGBAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Makalah Tugas Akhir_Ade Satrya Pamungkas_F1A018002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah_Ade Satrya Pamungkas_F1A018002 (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pulau Lombok dan pulau Bali adalah daerah wisata yang terletak di Indonesia bagian tengah. Salah satu moda yang menghubungkan antara kedua pulau ini adalah transportasi laut dengan kapal ferry. Banyaknya pergerakan penumpang menyebabkan PT. ASDP menyediakan 13 kali trip dengan waktu baku 1 jam tiap dermaga penyebrangan dari Lombok ke Bali, dan sebaliknya. Menyusul kebijakan pemerintah pada 3 September 2022 tentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), tentunya mengakibatkan tarif tiket kapal ferry penyebrangan Lombok-Bali juga meningkat sebesar 11% pada 1 oktober 2022. Penjelasan tentang kapal ferry didapatkan dari penelitian terhadap faktor-faktor penentu penumpang memilih kapal ferry dan karakteristik perjalanan penumpang di pelabuhan Lembar-Padangbai. Tahapan analisis faktor dilakukan menggunakan aplikasi SPSS. Metode yang digunakan adalah dengan kuisioner yang berisi tentang identitas penumpang dan pemberian skor terhadap pendapat responden pada setiap indikator menggunakan skala likert pada faktor-faktor penentu penumpang memilih kapal ferry. Karakteristik penumpang kapal ferry didominasi oleh laki-laki, pengguna roda 2, dan frekuensi perjalanan menggunakan kapal ferry 1 kali/bulan. Hasil dari analisis faktor berupa terbentuknya 2 faktor baru, yaitu faktor internal kapal dan faktor eksternal kapal yang mencakup 8 indikator awal. Faktor dominan yang didapatkan adalah faktor internal kapal karena mampu menjelaskan sebesar 62,152% dari faktor yang ada. Hubungan sempurna terjadi antara fasilitas kapal dengan pelayanan ABK kapal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Karakteristik, Korelasi, Kapal ferry, Faktor Dominan, Lembar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42587

Actions (login required)

View Item View Item