PEMANFAATAN ARANG AKTIF BAMBU APUS (GIGANTOCHLOA APUS) SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA BERBAHAN BAKAR GANDA PERTALITE- LPG

HILWANALDY, SASKY (2023) PEMANFAATAN ARANG AKTIF BAMBU APUS (GIGANTOCHLOA APUS) SEBAGAI ADSORBEN UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA BERBAHAN BAKAR GANDA PERTALITE- LPG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_HILWANALDY SASKY_F1C01705.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal-Hilwanaldy Sasky (F1C017035).pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Pencemaran udara merupakan salah satu isu lingkungan yang patut diperhitungkan karena udara adalah faktor penting dalam kehidupan menyangkut kesehatan manusia. Salah satu sumber pencemaran udara berasal dari sektor transportasi, peningkatan jumlah kendaraan roda dua berbanding lurus dengan peningkatan pencemaran udara yang dihasilkan emisi gas buang kendaraan. Seiring dengan permasalahan tersebut, penelitian kali ini dilakukan untuk mengurangi emisi gas buang dengan menggunakan adsorben arang bambu. Selain penggunaan adsorben, peneliti juga memanfaatkan LPG sebagai bahan bakar yang dicampurkan dengan bahan bakar pertalite. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kandungan dari CO, CO2 dan HC dari emisi kendaraan bermotor roda dua pada bahan bakar ganda pertalite-LPG dengan penambahan adsorben. Penelitian ini menggunakan adsorben arang aktif batang bambu teraktivasi larutan Ca(OH)2 dengan variasi konsentrasi (2%, 6% dan 10%). Proses pengujian dilakukan dengan cara adsorben dimasukkan ke dalam saluran gas buang kendaraan roda dua dengan kondisi menggunakan bahan bakar ganda, lalu adsorben akan dilewati oleh emisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan adsorben memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan emisi gas buang kendaraan. Pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan adsorben dengan variasi 10% merupakan variasi terbaik ditunjukkan dengan kemampuan menyerap kandungan CO, CO2 dan HC berturut-turut dengan nilai rata-rata 0,51 %; 1,0% dan 390 ppm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Adsorben, bambu, pertalite-LPG, emisi gas buang, Ca(OH)2.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:50
Last Modified: 04 Sep 2023 06:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42588

Actions (login required)

View Item View Item