STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGGULANGI ANGKA PUTUS SEKOLAH DI DESA KUTA LOMBOK TENGAH

SRI ADE, KAYANTI (2023) STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGGULANGI ANGKA PUTUS SEKOLAH DI DESA KUTA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Sri Ade Kayanti_E1B019192_2023_111303.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel-Sri Ade Kayanti_E1B019192.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Strategi pemerintah daerah dalam menanggulangi angka putus sekolah di Desa Kuta Lombok Tengah dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada pada daerah tersebut khususnya pada pendidikan dasar agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemerintah daerah dalam menanggulangi angka putus sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi penanggulangan angka putus sekolah. pendekata yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang terkumpul di analisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 strategi yang dirumuskan oleh pemerintah daerah yaitu sosialisasi, dana bantuan operasional sekolah, beasiswa, pembinaan minat dan bakat, literasi dan numerasi, pusat kegiatan belajar masyarakat. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi pelaksanaan strategi pemerintah daerah dalam menanggulangi angka putus sekolah terbagi menjadi 2 faktor yaitu penghambat dan pendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi, Pemerintah Daerah, Angka Putus Sekolah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:04
Last Modified: 04 Sep 2023 08:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42598

Actions (login required)

View Item View Item