ANALISIS KINERJA DUA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL DI KOTA MATARAM (Studi Kasus : Simpang Jalan Pejanggik dan Simpang Jalan Caturwarga) PERFORMANCE ANALYSIS OF TWO UNSIGNALIZED FOUR-WAY INTERSECTIONS IN MATARAM CITY (Case Study: The intersection of Pejanggik Street and the intersection of Caturwarga Street)

ARDITA MAUDY, CHRISANTA (2023) ANALISIS KINERJA DUA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL DI KOTA MATARAM (Studi Kasus : Simpang Jalan Pejanggik dan Simpang Jalan Caturwarga) PERFORMANCE ANALYSIS OF TWO UNSIGNALIZED FOUR-WAY INTERSECTIONS IN MATARAM CITY (Case Study: The intersection of Pejanggik Street and the intersection of Caturwarga Street). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. TUGAS AKHIR - ARDITA MAUDY CHRISANTA - F1A019016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
1. ARTIKEL ILMIAH - ARDITA MAUDY CHRISANTA - F1A019016.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Simpang Pejanggik dan Simpang Caturwarga merupakan simpang tak bersinyal yang terdapat di Kota Mataram. Kedua simpang tersebut memiliki karakteristik yang sama, yaitu sama-sama memiliki empat lengan. Lokasi kedua simpang tersebut yang berdekatan menjadi salah satu adanya tundaan lalu lintas yang terjadi. Untuk itu perlu adanya penelitian untuk mengoptimalkan kinerja dari kedua simpang tak bersinyal tersebut. Metode yang digunakan untuk menganalisis kedua simpang tersebut adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Data – data yang digunakan dalam menganalisis data primer dan sekunder, seperti volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian. Hasil analisis kinerja simpang Jalan Pejanggik kondisi eksisting DS = 1,086, tundaan = 24,2 detik/smp, dan peluang antrian = 47,6%. Kinerja Simpang Jalan Caturwarga kondisi eksisting DS = 0,97, tundaan = 18,1 detik/smp, dan peluang antrian = 38,54%. Untuk peningkatan Simpang Tak Bersinyal diberikan beberapa alternatif. Pada alternatif pertama Simpang Jalan Pejanggik DS = 1,00. tundaan = 19 detik/smp, dan peluang antrian = 40,20%. Alternatif kedua Simpang Jalan Pejanggik DS = 0,97. tundaan = 18 detik/smp, dan peluang antrian = 38,44%. Alternatif pertama Simpang Jalan Caturwarga DS = 0,95. tundaan = 17 detik/smp, dan peluang antrian = 36,92%. Alternatif kedua Simpang Jalan Caturwarga DS = 0,91. tundaan = 15,9 detik/smp, dan peluang antrian = 33,7%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Simpang tak bersinyal, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Peluang antrian
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Sep 2023 23:42
Last Modified: 04 Sep 2023 23:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42600

Actions (login required)

View Item View Item