STUDI PERANCANGAN STRUKTUR BETON BERTULANG PADA GEDUNG IGD TERPADU RSUD PROVINSI NTB DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM GANDA Study Of Reinforced Concrete Structure Design In Integrated Emergency Room Building Of NTB Provincial Hospital Using Dual System

SITI LAELATUL, AZIZAH (2023) STUDI PERANCANGAN STRUKTUR BETON BERTULANG PADA GEDUNG IGD TERPADU RSUD PROVINSI NTB DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM GANDA Study Of Reinforced Concrete Structure Design In Integrated Emergency Room Building Of NTB Provincial Hospital Using Dual System. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Siti Laelatul Azizah_F1A118075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah_Siti Laelatul Azizah_F1A118075.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gedung IGD Terpadu RSUD Provinsi NTB merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang didirikan sebagai penunjang berbagai event internasional di Pulau Lombok. Wilayah Lombok berada pada kawasan yang rentan terhadap gempa untuk itu dalam perencanaan gedung rumah sakit harus memenuhi syarat-syarat bangunan tahan gempa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan dimensi dan jumlah tulangan yang dibutuhkan elemen-elemen struktur serta untuk mengetahui kinerja struktur gedung setelah dilakukannya penambahan dinding geser. Pelaksanaan Penelitian dilakukan dengan mendesain ulang perancangan struktur gedung menggunakan sistem ganda, dimana jumlah dinding geser yang ada ditambah menjadi 8 penambahan jumlah dinding geser dianalisis menggunakan pushover untuk mengetahui tingkat kinerja struktur dengan program Etabs Student Edition. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan penambahan dinding geser dari 6 menjadi 8 didapatkan dimensi dan jumlah tulangan yang lebih kecil dibandingkan desain awal (eksisting), untuk kinerja struktur diperoleh simpangan antar lantai yang lebih kecil daripada struktur eksisting, dimana pada struktur redesain simpangan antar lantai rata – rata untuk arah X sebesar 21,57 mm, dan arah Y sebesar 18,15 mm, dan untuk struktur eksisting simpangan antar lantai rata – rata arah X sebesar 29,32 mm dan arah Y sebesar 25,88 mm, namun baik struktur redesain maupun eksisting keduanya masih memenuhi syarat berdasarkan SNI 1726-2019. Untuk nilai simpangan aktual berdasarkan analisa pushover aturan FEMA 356 untuk arah X sebesar 0,00408 dan 0,00406 arah Y, sehingga struktur dinyatakan memiliki level kinerja immediate Occupancy (IO), kondisi dimana pada saat menerima gempa rencana struktur tidak mengalami kerusakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gedung Tahan Gempa, Sistem Ganda, Analisa Pushover, Kinerja.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:10
Last Modified: 05 Sep 2023 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42616

Actions (login required)

View Item View Item