ANALISIS PENGARUH JENIS SAMPAH ORGANIK DAN VARIASI UMUR SAMPAH TERHADAP LAJU INFILTRASI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) DI KARANG TALIWANG KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM “Analysis Of The Effect Of Organik Waste Type And Waste Age Variation On The Infiltration Rate Of Biopore Infiltration Holes (LRB) In Karang Taliwang Cakranegara District Mataram City”

Zelvia, Salsabila (2023) ANALISIS PENGARUH JENIS SAMPAH ORGANIK DAN VARIASI UMUR SAMPAH TERHADAP LAJU INFILTRASI LUBANG RESAPAN BIOPORI (LRB) DI KARANG TALIWANG KECAMATAN CAKRANEGARA KOTA MATARAM “Analysis Of The Effect Of Organik Waste Type And Waste Age Variation On The Infiltration Rate Of Biopore Infiltration Holes (LRB) In Karang Taliwang Cakranegara District Mataram City”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI ZELVIA SALSABILA (F1A118088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ZELVIA SALSABILA (F1A118088).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram tepatnya pada halaman satu rumah warga merupakan salah satu lokasi yang dimana masyarakatnya belum bisa memanfaatkan sampah organik dengan baik. Jika sampah tidak bisa dikelola dengan baik, maka sampah tersebut akan menimbulkan masalah seperti, pencemaran lingkungan, serta dapat mengakibatkan terjadinya genangan atau banjir pada saat musim hujan. Lubang resapan biopori (LRB) merupakan salah satu teknologi peresapan air ke dalam tanah yang mudah aplikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa laju infiltrasi lubang resapan biopori dengan menggunakan bahan pengisi jenis sampah organik, variasi umur sampah, serta untuk mengetahui berapa efektifitas dari setiap lubang resapan biopori dengan bahan pengisi. Sampah organik yang digunakan terdiri dari sampah dedaunan kering, sampah dapur rumah tangga, dan sampah campuran dari sampah dedaunan dan sampah dapur rumah tangga. Pengukuran laju infiltrasi dengan pengamatan umur sampah dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-21. Penentuan laju infiltrasi dianalisis menggunakan metode Horton. Berdasarkan hasil penelitian, jenis sampah dapat mempengaruhi besar atau kecilnya laju infiltrasi pada lubang resapan biopori. Jenis sampah campuran dari sampah dedaunan kering dan sampah dapur rumah tangga memperoleh nilai laju infiltrasi tertinggi dengan nilai rata-rata sebesar 51,390 cm/jam pada umur sampah hari ke-8 dan nilai laju infiltrasi terendah sebesar 35,771 cm/jam pada umur sampah hari ke-13. Jenis bahan pengisi sampah dapur rumah tangga memperoleh nilai laju infiltrasi tertinggi sebesar 47,018 cm/jam pada umur sampah hari ke-7 dan nilai laju infiltrasi terendah sebesar 31,015 cm/jam pada umur sampah hari ke21. Jenis sampah dedaunan kering memperoleh nilai laju infiltrasi tertinggi sebesar 46,118 cm/jam pada umur sampah hari ke-8 dan nilai laju infiltrasi terendah sebesar 24,551 cm/jam pada umur sampah hari ke-21. Lubang resapan biopori (LRB) dengan bahan pengisi sampah campuran memiliki keefektifan yang cukup tinggi dalam meresapkan air dengan nilai 58%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lubang resapan biopori, laju infiltrasi, jenis sampah, variasi umur sampah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:10
Last Modified: 05 Sep 2023 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42617

Actions (login required)

View Item View Item