PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK EM-4 DENGAN KONSENTRASI BERBEDA PADA MEDIA BUDIDAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN BAWAL (Colossoma macropomum)

Muhammad Ilham, Fasya (2023) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK EM-4 DENGAN KONSENTRASI BERBEDA PADA MEDIA BUDIDAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN BAWAL (Colossoma macropomum). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Ilham Fasya C1K018038.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL Muhammad Ilham Fasya C1K018038.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh pemberian probiotik EM-4 dengan konsentrasi yang berbeda pada media budidaya terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan bawal air tawar (C. macropomum). Penelitian ini dilaksanakan selama 50 hari bertempat di Laboratorium Produksi dan Reproduksi Ikan, Program studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Metode yang digunakan berupa metode eksperimental dan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan, berupa perlakuan tanpa penambahan probiotik atau kontrol (P1); Probiotik EM4 0,5 ml/L (P2); Probiotik EM-4 1,5 ml/L (P3); dan Probiotik EM-4 2,5 ml/L (P4). Parameter uji berupa berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, tingkat kelangsungan hidup, rasio konversi pakan, efesiensi pemanfaatan pakan, kualitas air, dan kepadatan bakteri. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) pada taraf kepercayaan 95%. Apabila hasil penelitian menunjukan perbedaan signifikan maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian menunjukkan Penambahan probiotik EM-4 pada media budidaya dengan konsentrasi yang berbeda dapat mempengaruhi tingkat kelulushidupan ikan, pertumbuhan bobot mutlak, laju pertumbuhan spesifik, nilai konversi pakan, dan efisiensi pemanfaatan pakan. Perlakuan penambahan probiotik EM-4 pada media budidaya dengan konsentrasi 1,5 ml/L air memberikan nilai terbaik terhadap tingkat kelulushidupan, pertumbuhan, FCR, EPP, dan dapat menjaga kualitas air media budidaya berada dalam kondisi baik untuk pertumbuhan bawal air tawar (C. macropomum).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Probiotik, Media, Ikan Bawal, Pertumbuhan, Kelulushidupan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:10
Last Modified: 05 Sep 2023 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42618

Actions (login required)

View Item View Item