BENTUK DAN PENGGUNAAN SAPAAN DALAM BAHASA SASAK PADA MASYARAKAT DESA WANASABA LOMBOK TIMUR

Bq. Aspandi Kusuma, Wardani (2023) BENTUK DAN PENGGUNAAN SAPAAN DALAM BAHASA SASAK PADA MASYARAKAT DESA WANASABA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL-1.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan penggunaan sapaan pronomina persona kedua, istilah kekerabatan, dan nama diri dalam bahasa Sasak yang digunakan oleh masyarakat Desa Wanasaba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data lisan yang diperoleh dari tuturan lansung masyarakat Desa Wanasaba. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode intropeksi, metode observasi partisipan (peneliti sebagai partisipan yang aktif dan pasif), dan motode cakap (wawancara), serta digunakan instrumen penelitian yaitu berupa angket. Setelah data diperoleh, kemudian dilakukan analisis data menggunakan metode padan intralingual dan ekstraligual dengan teknik hubung banding menyamakan (HBS) dan teknik hubung banding membedakan (HBB). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bentuk sapaan pronomina parsona kedua, istilah kekerabatan, dan nama diri yang digunakan oleh masyrakat Desa Wanasaba yaitu berupa bentuk lingual yang terdiri dari kata dasar, gabungan kata, dan bentuk abreviasi, sedangkan penggunaanya berfungsi untuk menyamakan (kesetaraan) atau membedakan (ketak-setaraan) status sosial, usia, jenis kelamin, dan hubungan jarak sosial yang terjalin antar penutur. Fungsi kesetaraan akan menunjukkan makna solidaritas atau keakraban, dan fungsi ketak-setaraan akan menunjukkan makna kekuasaan atau penghormatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bahasa Sasak, bentuk dan penggunaan sapaan, istilah kekerabatan, nama diri, pronomina persona kedua
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:10
Last Modified: 05 Sep 2023 07:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42621

Actions (login required)

View Item View Item