PERSEPSI PETANI PADI TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI COMBINE HARVESTER DI KELURAHAN BERTAIS KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

Andi, Magfira (2023) PERSEPSI PETANI PADI TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI COMBINE HARVESTER DI KELURAHAN BERTAIS KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. FIX SKRIPSI_ANDI MAGFIRA_C1G019018_SETELAH SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Petani yang menginginkan hasil padi yang berkualitas tinggi memerlukan waktu yang tepat, cara panen yang benar dan penanganan pasca panen yang baik, Maka dari itu, sebagian dari petani di Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya sudah beralih menggunakan mesin pemanen padi modern Combine Harvester. Mereka menggunakan peralatan ini karena lahan sawah mereka datar dan luas sehingga dianggap cocok untuk meningkatkan efisiensi panen. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui persepsi petani terhadap penggunaan mesin pemanen padi (combine harvester). 2). Untuk mengetahui kendala-kendala petani terhadap penggunaan mesin pemanen padi (combine harvester). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang berlokasi di Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya. Penelitian ini melibatkan 5 (lima) kelompok tani pangan dengan total responden 30 orang, dimana tiap kelompok diambil sebanyak 6 (enam) orang sebagai responden. Teknik pengambilan data dilakukan secara interview menggunakan kuesioner dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini mengidentifikasikan bahwa 1). Persepsi petani terhadap penggunaan teknologi Combine Harvester di Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram tergolong dalam kategori Cukup Baik. Mesin Combine Harvester dapat lebih mengefisiensikan waktu panen dan mengefektivias tenaga kerja petani. Selain itu juga penggunaan mesin ini mengelurkan biaya yang lebih murah dari mesin perontok padi. Namun gabah yang terbuang pada saat penggunaan mesin ini lebih banyak daripada mesin perontok padi. Adanya teknologi Combine Harvester juga menutup lapangan pekerjaan musiman untuk buruh tani karena minimnya tenaga yang dibutuhkan dalam pengoperasiannya, dan mayoritas petani juga tidak dapat mengoperasikan mesin pemanen padi (combine harvester) tersebut. 2). Kendala-kendala yang dihadapi petani terhadap penggunaan teknologi Combine Harvester di Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya Kota Mataram adalah hanya mencakup empat kendala, yaitu cuaca yang tidak menentu, jarak antara permukaan jalan dengan lahan garapan yang tidak sejajar, kondisi lahan yang memiliki tekstur tanah yang lembek dan kapasitas mesin yang rentan akan kerusakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Persepsi Petani, Mesin Pemanen Padi Combine Harvester, dan Kendala yang Dihadapi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:11
Last Modified: 05 Sep 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42627

Actions (login required)

View Item View Item