ANALISIS PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DAN KONVENSIONAL DI KOTA MATARAM

CAHA, YU (2023) ANALISIS PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DAN KONVENSIONAL DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi_CAHAYU_C1G019052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_CAHAYU_C1G019052.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis saluran pemasaran sayuran hidroponik dan konvensional di Kota Mataram; (2) Menganalisis efisiensi pemasaran sayuran hidroponik dan konvensional dengan metode SCP; (3) Menganalisis hambatan dalam pemasaran sayuran hidroponik dan konvensional. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah sistem pemasaran sayuran hidroponik dan sistem pemasaran sayuran konvensional. Penelitian ini berlokasi di wilayah kota mataram dengan berfokus pada tiga kecamatan yaitu Kecamatan Ampenan, Sekarbela dan Selaparang. Jumlah responden diambil secara sensus sebanyak 15 orang yang terdiri dari 6 petani sayur hidroponik dan 9 petani sayur konvensional. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis saluran pemasaran dan analisis SCP. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Saluran pemasaran sayuran hidroponik dan konvensional di Kota Mataram terdiri dari dua saluran yaitu saluran I: Produsen – Konsumen, dan saluran II: Produsen – Pengepul – Konsumen; (2) a) Saluran pemasaran yang lebih efisien pada pemasaran sayuran hidroponik adalah saluran II. Pada pemasaran selada nilai share petaninya adalah 85,7%, distribusi keuntungan 1%, dan volume penjualan 222Kg. Sedangkan pada pemasaran pakcoy, nilai share petaninya adalah 80%, distribusi keuntungan 1% dan volume penjualannya 44Kg. b) Pada pemasaran sayuran konvensional saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran II. Pada pemasaran selada nilai share petaninya adalah 83,3%, distribusi keuntungan 1%, dan volume penjualan 125Kg. Sedangkan pada pemasaran pakcoy, nilai share petaninya sebesar 80%, distribusi keuntungan 1% dan volume penjualan 1140Kg; (3) Hambatan yang dihadapi oleh petani dan lembaga pemasaran antara lain modal, harga, iklim, hama, benih, dan produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemasaran, Sayuran, Hidroponik, Konvensional.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:11
Last Modified: 05 Sep 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42631

Actions (login required)

View Item View Item