PENENTUAN RUAS RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN UPPER CONTROL LIMIT (UCL) DAN PENYUSUNAN DATABASE BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KOTA MATARAM Determination Of Traffic Accident-Prone Section Based On Upper Control Limit (UCL) And Preparation Of A Database Based On Geographic Information Systems In Mataram City

MUHAMMAD, JULFIKAR (2023) PENENTUAN RUAS RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN UPPER CONTROL LIMIT (UCL) DAN PENYUSUNAN DATABASE BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KOTA MATARAM Determination Of Traffic Accident-Prone Section Based On Upper Control Limit (UCL) And Preparation Of A Database Based On Geographic Information Systems In Mataram City. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD JULFIKAR_F1A019128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH_MUHAMMAD JULFIKAR_F1A019128..pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PETA KECELAKAAN LALU LINTAS_MUHAMMAD JULFIKAR_F1A019128.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas terjadi secara acak dan tentunya setiap pengguna jalan ingin menghindarinya, namun terkadang kecelakaan lalu lintas ini terjadi karena infrastruktur jalan yang buruk atau karena kelalaian pengguna jalan itu sendiri. Data dari Perkembangan Kecelakaan Lalu Lintas menurut Resort Kota Mataram, di peroleh informasi bahwa dalam empat tahun terakhir dari tahun 2019 hingga 2022 untuk wilayah kota mataram mengalami penurunan dan peningkatan angka kecelakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian penentuan ruas rawan kecelakaan lalu lintas dan juga penyusunan database berbasis Sistem Informasi Geografis di Kota Mataram. Data yang dibutuhkan yaitu data sekunder di Polres Kota Mataram, berupa data kecelakaan lalu lintas 4 tahun terakhir yang terjadi di ruas jalan Kota Mataram. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan metode pembobotan dengan parameter Angka Ekivalen Kecelakaan dan metode Uppper Control Limit sehingga tersusunya database lokasi ruas rawan kecelakaan berbasis Sistem Informasi Geografis di Kota Mataram. Dari hasil analisis dan penyusunan database, maka didapatkan ruas rawan kecelakaan pada ruas jalan di Kota Mataram selama 4 tahun terakhir terletak pada ruas Jalan Sriwijaya, Jalan Pejanggik, Jalan Sandubaya, Jalan Dr.Sudjono, Jalan Adi Sucipto, Jalan Catur Warga, dan Jalan Ahmad Yani, yang di dominasi tipe tabrak tunggal dan tabrak depan-samping, cuaca saat terjadinya kecelakaan dalam keadaan cerah pada malam hari, dan di dominasi oleh laki-laki usia 16-30 tahun. Dengan ditentukannya ruas rawan kecelakaan ini, diharapkan dapat menjadikan informasi dalam pengambilan keputusan bagi pemegang kebijakan untuk menguragi jumlah kecelakaan lalu lintas di Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecelakaan, Ruas Rawan Kecelakaan, database, Sistem Informasi Geografis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:11
Last Modified: 05 Sep 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42633

Actions (login required)

View Item View Item