PENGARUH PENAMBAHAN MATERIAL PLASTIK JENIS HDPE TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL AC-BC The Effect Of Hdpe Plastic Material Addition On The Characteristics Of Ac-Bc Asphalt Mixes

ARLIN, FEBRIANA (2023) PENGARUH PENAMBAHAN MATERIAL PLASTIK JENIS HDPE TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL AC-BC The Effect Of Hdpe Plastic Material Addition On The Characteristics Of Ac-Bc Asphalt Mixes. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARLIN FEBRIANA (F1A019019)-MAKALAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARLIN FEBRIANA (F1A019019)-ARTIKELpdf.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Aspal adalah material yang berasal dari hasil penyaringan minyak mentah dan industri perminyakan yang memiliki sifat perekat dengan unsur utamanya adalah bitumen berwarna coklat kehitaman. Bitumen ini dapat menyelimuti dan mengikat agregat agar tetap berada pada tempatnya selama masa produksi dan pelayanan. Sehingga aspal dijadikan sebagai material utama yang dibutuhkan dalam konstruksi lapisan perkerasan lentur (flexible pavement). Tapi kebutuhan aspal yang terus meningkat menjadi permasalahan baru. Harga aspal minyak menjadi naik drastis seiring dengan naiknya harga minyak dunia. Maka diperlukan inovasi baru untuk mengurangi penggunaan aspal dengan cara menambahkan material yang dapat menambah kualitas perkerasan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penambahan plastik jenis High Density Polyethilene (HDPE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan material plastik jenis HDPE terhadap karakteristik campuran aspal pada lapis AC-BC. Variasi penambahan plastik yaitu sebesar 0%, 4%, 8% dan 12% terhadap berat total aspal. Nilai KAO yang didapatkan sebesar 6%, kemudian digunakan metode Marshall Test untuk mendapatkan nilai karakteristik volumetrik dan mekanis campuran. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapatkan nilai volumetrik yaitu, nilai VMA dan VIM mengalami penurunan dengan rerata VMA 14,44%; VIM 3,33%; sedangkan untuk VFA mengalami kenaikan dengan nilai rerata VFA 77,01%;. Nilai mekanis yang didapatkan yaitu terjadi kenaikan pada nilai stabilitas dan Flow, dengan nilai rerata Stabilitas 2836,11 kg; Flow 4,23 mm. Sedangkan nilai MQ mengalami penurunan dengan nilai rerata MQ adalah 685,73 kg/mm. Persentase maksimum plastik HDPE yang bisa ditambahkan sebesar 4% dari berat total aspal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AC-BC, High Density Polyethilene (HDPE), Marshall Test
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:11
Last Modified: 05 Sep 2023 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42637

Actions (login required)

View Item View Item