ANALISA PENERAPAN REKAYASA NILAI (VALUE ENGINEERING STUDY) PADA KOMPONEN STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA KANTOR WILAYAH NTB ANALYSIS OF THE APPLICATION OF VALUE ENGINEERING (VALUE ENGINEERING STUDY) ON BUILDING STRUCTURE COMPONENTS OF THE MINISTRY OF LAW AND HUMAN RIGHTS BUILDING NTB REGIONAL OFFICE

ANDRIAN, MAULANA (2023) ANALISA PENERAPAN REKAYASA NILAI (VALUE ENGINEERING STUDY) PADA KOMPONEN STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA KANTOR WILAYAH NTB ANALYSIS OF THE APPLICATION OF VALUE ENGINEERING (VALUE ENGINEERING STUDY) ON BUILDING STRUCTURE COMPONENTS OF THE MINISTRY OF LAW AND HUMAN RIGHTS BUILDING NTB REGIONAL OFFICE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
01. SKRIPSI ANDRIAN MAULANA FIKS - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Andrian Maulana (F1A117007).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Value Engineering (VE) adalah salah satu cara untuk melakukan pendekatan yang kreatif dan terencana dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mengefisienkan biaya-biaya yang tidak perlu. Dalam hal ini penulis akan melakukan penerapan metode rekayasa nilai pada gedung Kementrian Hukum dan Hak asasi manusia Kantor wilayah NTB. Kontraktor yang mengerjakan proyek ini adalah PT. Mardika Griya Prasta. Proyek ini berlokasi di Jln.Majapahit No.44, Kota Mataram. Dan mempunyai anggaran dana rencana anggaran biaya senilai Rp.13,663,223,000 dari total rencana anggaran biaya pembangunan gedung Kemenkumham. Pengeluaran biaya terbesar pada pembanguan gedung ini adalah pada pekerjaan struktur beton dengan jumlah rencana anggaran biaya senilai Rp.7,147,693,000. Struktur pelat beton yang dipilih oleh perencana adalah tipe pelat beton konvensional. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Value Engineering baiknya dikerjakan oleh suatu kelompok multi disiplin ilmu yang berasal dari berbagai profesi, mempunyai pengalaman serta pemangku kepentingan (stake holder) proyek. Dalam rekayasa nilai, terdapat lima tahapan rencana kerja yaitu, fase informasi, fase kreatif, fase analisis, fase pengembangan, dan fase rekomendasi. Dari hasil analisa Value Engineering yang dilakukan tahap demi tahap sehingga ditemukan alternatif terbaik yang dapat diusulkan sebagai solusi peningkatan nilai proyek Pembangunan Gedung Kanwil Kementrian Hukum dan Ham NTB dengan menggunakan struktur plat Existing yaitu plat beton konvensional menjadi plat floordeck T= 10 cm. Hasil analisa dihasilkan menjadi Rp.650,249,424.00. Jika dibandingkan dengan Existing nilai penghematan yang dihasilkan yaitu Rp.151,636,373.28 dengan bobot 1.12% . Menurut Dell’isola (Donald,1992), penghematan yang potensial untuk anggaran total adalah sebesar 1 sampai 3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisa Penerapan Rekayasa Nilai (Value Engineering Study) Pada Komponen Struktur Bangunan Gedung Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah NTB.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:46
Last Modified: 06 Sep 2023 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42649

Actions (login required)

View Item View Item