PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA EKSPOSISI DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IXD SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

MILANDARI, BAIQ DESI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA EKSPOSISI DENGAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IXD SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan teknik menulis objek langsung (MOL) pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran 20102011. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan teknik menulis objek langsung (MOL) pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran 20102011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan dan metode observasi. Sedangkan penganalisisan data menggunakan rumus ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik menulis objek langsung (MOL) pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Lingsar tahun pelajaran 20102011 mengalami peningkatan. Proses pembelajaran pada siklus I diikuti oleh sebagian besar siswa itu terlihat dari tidak adanya keaktifan siswa, kurang adanya ekspresi kegembiraan siswa, siswa tidak tertarik mengikuti pembelajaran, dan tidak adanya keseriusan yang ditunjukkan oleh siswa. Sedangkan pada siklus ke II diikuti oleh seluruh siswa itu terlihat dari adanya keaktifan siswa, adanya ekspresi kegembira siswa, adanya keseriusan yang ditunjukkan oleh siswa, dan adanya ketertarikan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan jika dilihat dari hasil nilai rata-rata setiap aspek mengalami peningkatan, dari aspek: (a) tema, dari rata-rata 73,21 pada siklus I menjadi 81,66 pada siklus II; (b) pembuka cerita, dari rata-rata 75 pada siklus I menjadi 80,83 pada siklus II; (c) tokoh, dari rata-rata 62,5 pada siklus I menjadi 72,5 pada siklus II; (d) setting, dari rata-rata 75 pada siklus I menjadi 74,16 pada siklus II; (e) alur, dari rata-rata 65,17 pada siklus I menjadi 72,5 pada siklus II; (f) penutup, dari rata-rata 61,6 pada siklus I menjadi 68,33 pada siklus II. Sedangkan peningkatan nilai klasikal yang diikuti oleh keseluruhan siswa pada siklus I 51,85% menjadi 77,77% pada siklus ke II, sehingga mengalami peningkatan sebesar 25,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Menulis, Karangan, Narasi, Teknik, Objek, Langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2018 01:43
Last Modified: 25 May 2018 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4265

Actions (login required)

View Item View Item