PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SELF DISCLOSURE OLEH USER DI NUSA TENGGARA BARAT

Siti Riska, Rukmaningsih (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SELF DISCLOSURE OLEH USER DI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISKA CANTIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
jurnal riska fix.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Media sosial instagram sangat diminati oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB), berdasarkan data dari talikanew.com bahwa pengguna media sosial di NTB mencapai 5,4 juta pengguna dan 2,7 diantaranya pengguna instagram. Hal ini berhubungan dengan adanya keterbukaan diri oleh pengguna atau yang disebut dengan self disclosure. Self disclosure merupakan keterbukaan diri seseorang dalam membagikan informasi diri terkait aktivitas sehari-hari, tempat tinggal, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan instagram sebagai media self disclosure oleh user. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan secara jelas pengaruh penggunaan media sosial instagram sebagai media self disclosure oleh user di NTB dengan menguji dan menganalisis data menggunakan spss 20. Subjek penelitian ini adalah pengguna aktif instagram yang berusia 18-24 tahun dan berdomisili di Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan penggunaan media sosial instagram sebagai media self disclosure oleh user di NTB yang bernilai 58,8% dengan interval skor "sedang" atau user menggunakan instagram sebagai media keterbukaan diri pada momen-momen tertentu, Selain itu, tergantung kondisi hati user pada saat itu, seperti halnya user lebih terbuka pada saat kondisi hatinya sedang sedih, marah, bahagia, dan lain sebagainya. Serta adanya pengaruh penggunaan instagram sebagai media self disclosure oleh user di NTB dengan nilai sebesar 88,1% dan nilai konstanta sebesar 1,260. Artinya, dapat dikatakan bahwa jika penggunaan media sosial instagram bertambah sebesar 1% maka keterbukaan diri user akan meningkat sebesar 88,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Sosial Instagram, Self Disclosure, Teori Johari Window
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:41
Last Modified: 06 Sep 2023 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42666

Actions (login required)

View Item View Item