PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DENGAN PENILAIAN AUTHENTIC ASSESSMENT SISWA KELAS VII-A MTS AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2011

HAERANI, ITA RAHMAH (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DENGAN PENILAIAN AUTHENTIC ASSESSMENT SISWA KELAS VII-A MTS AL-AZIZIYAH PUTRA KAPEK GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PROPOSAL SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas VII A MTs Al-Aziziyah dengan menerapkan penilaian authentic assessment? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui penilain authentic assessment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pelaksanaan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data digunakan dengan tes dan nontes (observasi dan wawancara). Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Setelah dilakukan penelitian dalam dua siklus, dihasilkan simpulan bahwa pembelajaran dengan menggunkan penilaian authentic assessment dapat meningkatkan kecepatan membaca siswa. Pada siklus siklus I hanya 1 orang siswa yang mempunyai kemampuan membaca dengan kecepatan tinggi (> 250 kata per menit), pada siklus II meningkat menjadi 16 orang siswa. Pada siklus I siswa yang mempunyai kemampuan membaca dengan kecepatan memadai (200-249 kata per menit) sebanyak 2 orang siswa, pada siklus II menjadi 4 orang siswa. Yang berkecepatan lambat atau rendah (150-199 kata per menit) pada siklus I sebanyak 9 siswa dan pada siklus II tidak ada siswa yang berkecepatan membaca kategori lambat. Siswa yang mempunyai kecepatan sangat lambat pada siklus I sebanyak 8 orang siswa dan tidak ada siswa yang berkecepatan sangat lambat pada siklus II. Jadi rata-rata klasikal kecepatan membaca yang dicapai oleh siswa pada siklus I mencapai 53.95 kata per menit. Sedangkan pada akhir siklus II rata-rata klasikal kecepatan membaca siswa 156,4 kata per menit, ada kenaikan sebesar 113,55 kata per menit. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas VIIA MTs Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari adalah dengan menggunakan penilaian authentic assessment.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Membaca cepat, penilaian authentic assessment.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:37
Last Modified: 26 May 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4267

Actions (login required)

View Item View Item