ANALISIS PENGARUH MANIFEST KAPAL TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN DAN DISTRIBUSI LOGISTIK DI PELABUHAN LAUT LEMBAR Analysis of the Effects of Different Vessel Manifests on Port Operational Performance and Logistic Distribution at Lembar Seaport

ABI MAULANA, AZIS (2023) ANALISIS PENGARUH MANIFEST KAPAL TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PELABUHAN DAN DISTRIBUSI LOGISTIK DI PELABUHAN LAUT LEMBAR Analysis of the Effects of Different Vessel Manifests on Port Operational Performance and Logistic Distribution at Lembar Seaport. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_Abi Maualana Azis_(F1A018001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Aertikel F1A018001 Abi Maulana Azis.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)

Abstract

Pelabuhan Laut Lembar merupakan pelabuhan utama di pulau Lombok yang menghubungkan rantai distribusi guna memenuhi kebutuhan logistik di pulau Lombok, sehingga kinerja operasional Pelabuhan Laut Lembar harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Laut Nomor HK.103/2/18/DJPL-16 tanggal 12 Juli 2016 tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan. Adapun standar yang diuji berupa kinerja waktu pelayanan kapal, kinerja pelayanan bongkar/muat dan kinerja utilisasi dan pemanfaatan fasilitas pelabuhan dengan 9 indikator yang dievaluasi. Untuk menghitung kinerja operasional pelabuhan, diperlukan data arus tambat dan bongkar muat Pelabuhan Laut Lembar yang diperoleh dari pemantauan langsung dan realisasi kegiatan PT. Pelindo III cabang Lembar selama periode penelitian. Selain itu data-data penggunaan gudang dan arus distribusi juga diperlukan guna mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja operasional pelabuhan. Berdasarkan hasil penelitian selama periode November 2022-Januari 2023 dengan total 248 kasus tambat dan 57 kapal yang berbeda diperoleh manifest yang di bongkar di pelabuhan laut lembar meliputi semen curah, pupuk curah, batu bara, pasir curah, RBD Olein, solar, semen bag, pupuk bag dan peti kemas. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa kinerja operasional Pelabuhan Laut Lembar secara keseluruhan dikategorikan baik, dengan kinerja waktu pelayanan kapal dikategorikan baik, kinerja pelayanan bongkar/muat dikategorikan baik dan kinerja utilisasi dan pemanfaatan fasilitas dikategorikan baik. Namun jika diuraikan berdasarkan perbedaan manifest-nya, didapatkan hasil yang beragam di mana hal tersebut dipengaruhi oleh tata cara bongkar/muat dan skema distribusinya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): evaluasi kinerja operasional pelabuhan, distribusi logistik, Pelabuhan Laut Lembar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:28
Last Modified: 07 Sep 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42674

Actions (login required)

View Item View Item