Perempuan Penyandang Disabilitas, Mekanisme Survival dan Interaksi Sosial (Studi pada Anggota Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Provinsi NTB)

DEWI, ROSDIANA (2023) Perempuan Penyandang Disabilitas, Mekanisme Survival dan Interaksi Sosial (Studi pada Anggota Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Provinsi NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DEWI ROSDIANA (E1S017013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DEWI ROSDIANA (E1S017013).pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis ragam penyandang disabilitas perempuan di orgnaisasi HWDI Provinsi NTB 2) Untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme survival penyandang disabilitas perempuan di organisasi HWDI Provinsi NTB 3) Untuk mengetahui dan menganalis pola interaksi sosial penyandang disabilitas perempuan di organisasi HWDI Provinsi NTB dengan sesama penyandang disabilitas. Penelitikan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan life history, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan ada tiga cara mekanisme survival yang dilakukan oleh perempuan penyandang disabilitas yaitu: 1) dengan menukarkan seperti menukarkan jasa dan barang hal ini dilakukan oleh penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai penjahit, pedagang, pengasuh anak, buruh pembungkus kerupuk, pedagang bensin eceran, buruh cuci, penjual online, dan penjual bubuk kopi. 2) dengan membuat seperti membuat kerajinan hal ini dilakukan oleh penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai pe gerajin hadcraft. Dan pola interaksi social yang dilakukan oleh perempuan penyandang disabilitas adalah: 1) interaksi social yang bersifat asosiatif seperti kerja sama, menolong teman saat tidak memiliki uang, di tolong oleh teman untuk mendorong kursi roda, tawar menawar harga menjahit, menjadi pendengar yang baik saat teman bercerita tentang masalah yang dihadapinya, memasak bersama, terlibat dalam kegiatan masyarakat seperti betulleng dan begawe, menjenguk temman yang sakit, menjadi penengah saat sesame penyandang disabilitas terlibat konflik, 2) interaksi social yang bersifat disosiatif, seperti konflik dengan orang yang mengolok disabilitas yang dimilikinya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perempuan Penyandang Disabilitas, Mekanisme Survival, Interaksi Sosial.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:28
Last Modified: 07 Sep 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42675

Actions (login required)

View Item View Item