PERAN ORGANISASI REMAJA MASJID DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS (Studi Pada Remaja Masjid di Desa Gegelang Kecamatan Lingsar Lombok Barat)

Nurmala, Sari (2023) PERAN ORGANISASI REMAJA MASJID DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS (Studi Pada Remaja Masjid di Desa Gegelang Kecamatan Lingsar Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURMALA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10092-Article Text-41932-1-10-20230902.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menyebabkan perubahan karakter pada remaja disebabkan oleh banyak faktor terutama pada lingkungan masyarakat seperti mabuk-mabukan, berjudi dan mencuri. Sehingga dari indikator tersebut dapat mengubah karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Organisasi Remaja Masjid Dalam Menumbuhkembangkan Karakter Religius Di Desa Gegelang Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan berbentuk deskriptif. Subyek penelitian ini adalah ketua remaja masjid, sekretaris, bendahara, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil kajian menunjukkan remaja masjid dalam menumbuhkembangkan karakter religius remaja melalui programprogram kegiatan remaja masjid. Mengenai kegiatan yang dilaksanakan remaja masjid untuk menumbuhkembangkan karakter religius yaitu kegiatan pengajian, yasinan, pembinaan, perayaan hari besar islam seperti pawai, santunan anak yatim, perayaan lomba maulid nabi, lomba TPQ, gotong royong, dan bakti sosial di lingkungan masyarakat dan lingkungan masjid. Faktor pendukung meliputi sarana dan prasarana, dukungan keluarga, serta kesadaran anggota. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana, dan kurangnya partisipasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Remaja Masjid, Karakter Religius
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:28
Last Modified: 07 Sep 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42683

Actions (login required)

View Item View Item