PENGARUH KEKUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK DAN FAKTOR PRODUKTIF KEMAMPUAN PENDAMPING TERHADAP PENYUSUNAN RENCANA KELOLA PERHUTANAN SOSIAL (RKPS) HUTAN KEMASYARAKATAN DI WILAYAH BKPH RINJANI BARAT

Baiq Hutami, Nurahmayani (2023) PENGARUH KEKUATAN KELEMBAGAAN KELOMPOK DAN FAKTOR PRODUKTIF KEMAMPUAN PENDAMPING TERHADAP PENYUSUNAN RENCANA KELOLA PERHUTANAN SOSIAL (RKPS) HUTAN KEMASYARAKATAN DI WILAYAH BKPH RINJANI BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Baiq Hutami Nurahmayani_C1L019018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JurnaL_Baiq Hutami Nurahmayani_C1L019018.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Alam Lestari, Merte Sari, dan Wana Lestari merupakan gapoktan yang memiliki izin pengelolaan hutan lindung di BKPH Rinjani Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekuatan kelembagaan terhadap penyusunan RKPS, pengaruh faktor produktif kemampuan pendamping terhadap RKPS, dan korelasi kekuatan kelembagaan dengan faktor produktif kemampuan pendamping. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode stratified random sampling, dengan menggunakan rumus slovin. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan teknik wawancara dan pembagian kuesioner. Nilai faktor produktif kemampuan pendamping memiliki pengaruh lebih dominan terhadap RKPS dilihat dengan nilai 0,460, dengan tingkat kontribusi pengaruh variabel bebas (X) yaitu kekuatan kelembagaan (X₁) dan faktor produktif kemampuan pendamping (X₂) terhadap variabel terikat yaitu RKPS (Y) sebesar 63,2% sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Adapun hubungan (korelasi) kekuatan kelembagaan kelompok dengan faktor produktif kemampuan pendamping memiliki tingkat korelasi dengan tingkat kategori kuat, yang ditunjukkan oleh nilai korelasi pearsonnya yaitu 0,611.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gapoktan, kelembagaan, metode deskriptif.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:28
Last Modified: 07 Sep 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42684

Actions (login required)

View Item View Item