PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 3 SUKA MAKMUR TAHUN AJARAN 2014/2015

NAVIA, ZHULHIATUN (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN 3 SUKA MAKMUR TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Zhuhiatun Navia (E1E011088) PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: guru sebagai pusat pembelajaran, siswa tidak memperhatikan pelajaran saat guru menjelaskan, siswa terlihat bosan dan mengantuk saat guru menjelaskan. Akibatnya kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Suka Makmur pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 33 orang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV SDN 3 Suka Makmur tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis berbentuk pilihan ganda pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Suka Makmur dengan penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson. Nilai rata-rata sebelum dilakukan penelitian dengan penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson adalah 66,06 dan ketuntasan klasikal 48,5% pada siklus I nilai rata-rata adalah 73,63 dengan ketuntasan klasikal 67% karena pada siklus I belum mencapai 85% maka penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 88% Dengan nilai rata-rata 76,36 Hal ini menunjukkan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan 85%, maka penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif peer lesson dengan langkah-langkah sebagai berikut: membagi kelompok sesuai dengan banyaknya materi, setiap kelompok diberi tugas untuk mempelajari suatu topik, setiap kelompok diminta menyiapkan strategi untuk menyampaikan materi kepada teman sekelas, setiap kelompok diminta menyampaikan materi kepada teman-temanya, guru memberi kesimpulan dan klarifikasi. Dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Suka Makmur tahun 2014/2015 yang mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peer Lesson, hasil belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:34
Last Modified: 26 May 2018 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item