PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PUTUSAN NO. 314/PID.SUS/2019/PN.MTR

BAYUNA, ANDRE (2022) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PUTUSAN NO. 314/PID.SUS/2019/PN.MTR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANDRE BAYUNA (D1A1016019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis dasar pertimbangan hakim dan penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pencemaran nama baik melalui sosial media berdasarkan Putusan Negeri Mataram Nomor 314/PID.SUS/2019. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian setelah dianalisa bahwa dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara pencemaran nama baik ini yaitu dengan menggunakan pertimbangan judex yuris dan judex facti. Penerapan Pidana terhadap terdakwa yakni hakim memberikan hukuman pidana masa percobaan selama 8 (delapan) bulan dengan syarat khusus terdakwa melakukan permintaan maaf kepada korban pada akun sosial media miliknya. Sehingga penulis tidak setuju terhadap putusan yang diberikan yang memberikan hukuman yang terkesan meringankan terdakwa yakni pidana percobaan padahal terdakwa telah memenuhi unsur-unsur pertanggungjawaban pidana. Sehingga sudah seharusnya terdakwa dihukum sesuai dengan Pasal 45 (3) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yakni dengan hukuman penjara maksimal4 Tahun untuk memberikan efek jera bagi terdakwa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan Pidana, Pencemaran Nama Baik, Sosial Media.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:04
Last Modified: 18 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42700

Actions (login required)

View Item View Item