PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PRIOR KNOWLEDGE

EKA PUTRA, I Ketut (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PRIOR KNOWLEDGE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I Ketut Eka Putra_E1Q019028..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model Advance Organizer yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini meliputi silabus, RPP, LKPD dan instrumen tes. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan desain model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar angket respon dan lembar tes. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil validasi oleh validator. Lembar angket respon digunakan untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran. Lembar tes digunakan untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari nilai pretest dan posttest peserta didik. Hasil yang diperoleh melalui pengumpulan data secara berturut-turut yaitu 87,8% dan 95% dengan kategori valid dan reliabel, 91,3% dengan kategori sangat praktis dan 0,71 dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Advance Organizer, Hasil Belajar, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Prior Knowledge.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:04
Last Modified: 18 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42702

Actions (login required)

View Item View Item