MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA DARUL IHSAN LELONG TAHUN AJARAN 2022/2023

MAZLIN, MAZLIN (2023) MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA DARUL IHSAN LELONG TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-MAZLIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Model Problem Based Learning adalah suatu strategi atau metode yang dilakukan dalam suatu proses pembelajaran dengan mengorientasikan siswa terhadap masalah yang dilanjutkan dengan kegiatan menyelesaikan masalah. Model Problem Based Learning menyajikan masalah yang bersifat nyata dan sering terjadi di lingkungan sekitar. Booklet adalah media pembelajaran berupa buku berukuran kecil dan memiliki halaman paling sedikit lima halaman dan tidak lebih dari 48 halaman. Booklet dilengkapi dengan materi yang menarik, jelas dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan booklet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X MA Darul Ihsan Lelong pada pokok bahasan materi perubahan lingkungan. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design atau quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group design. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, karena menggunakan semua populasi sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA1 dan kelas X IPA 2. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa. Tekhnik analisis data menggunakan uji inde pendent sample t test dengan taraf signifikansi 5% dan uji pengaruh Effect Size. Hasil analisis data statistik menunjukkan bahwa nilai thitung ˃ tTabel, yaitu 4.59 ˃ 2.018 dengan signifikansi yang diperoleh yaitu 0.00. Hasil analisis data menggunakan uji pengaruh Effect Size diperoleh sebesar 1.348, sehingga dapat disimpulkan bahwa, berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan booklet terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Booklet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:04
Last Modified: 18 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42704

Actions (login required)

View Item View Item