STRATEGI PEMASARAN GULA SEMUT DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Qadir Loo’ Ramdhani, Abdul (2023) STRATEGI PEMASARAN GULA SEMUT DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_ABDUL QADIR LOO’ RAMDHANI_STRATEGI PEMASARAN GULA SEMUT DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT_9004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abdul Qadir Loo’ Ramdhani. C1G019004. Strategi Pemasaran Gula Semut di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Ir. F.X Edy Fernandez, MP selaku dosen pembimbin utama dan dan Ibu Dian Lestari Miharja, SP., MA. Selaku dosen pembimbing pendamping. Daerah Lombok Barat menjadi salah satu daerah perkebunan nipah, salah satunya di Kecamatan Lingsar. Nira nipah sebagai bahan utama pembuatan gula semut. Kecamatan Lingsar sebagai salah satu pusat produksi gula semut, sehingga banyak dijumpai masyarakat dan petani yang menyadap nira nipah sekaligus membuat gula semut. Daerah ini juga memperoleh bantuan peralatan dan pembangunan bale produksi dan kini telah mampu memproduksi gula aren semut dan gula briket. Pengusaha gula semut sebagian besar mengolah nira milik sendiri, namun ada juga yang bekerja sebagai buruh deres dengan upah hasil nira. Kegiatan pengolahan gula semut sudah ditekuni kelompok sejak lama. Sedangkan untuk pengolahan gula semut, baru diperkenalkan pada tahun 2017-2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran Produk Gula Semut di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, dan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pemasaran dari produk Gula Semut Semut di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendiskripsikan dan menanalisis saluran pemasaran produksi gula semut. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha yang dilakukan produsen atau petani yang memproduksi gula semut di Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Penentuan daerah sampel menggunakan Metode Purposive Sampling, dimana desa yang ditentukan diantaranya, Desa Giri Madia, Langko dan Desa Dasan Geria. Penentuan lokasi sampel ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa desa tersebut terdapat pengembangan produksi gula semut dan menjadikan desa ini sebagai penghasil dan pemasok utama gula semut ke kota Mataram. Sedangkan penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan versi Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data xiv menggunakan triangulasi teknik yang dilakukan dengan cara membandingkan data data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pengrajin gula semut di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat adalah penjualan langsung yang dilakukan oleh pengrajin gula semut kepada pengepul, pengecer, dan konsumen akhir juga ke toko oleh-oleh. Selain itu penjual memanfaatkan media sosial seperti FB, WA, IG dan Tiktok Seller mengingat pengaruh media social tersebut cukup besar. Dari media sosial tersebut penjual berbagi informasi tentang manfaat gula semut, resep atau tips penggunaan yang kreatif, serta konten yang menarik secara visual, dapat membantu membangun dan meningkatkan keterlibatan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pemasran Gula Semut di Kecamatan Lingsar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:04
Last Modified: 18 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42705

Actions (login required)

View Item View Item