ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM PERSPEKTIF GENDER SISWA SMP

OKTAVIA DWI LAKSARI, ZARINA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DALAM PERSPEKTIF GENDER SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZARINA OKTAVIA DWI LAKSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Literasi matematika merupakan kapasitas individu untuk memformulasikan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan literasi matematis dalam perspektif gender siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang menampilkan prosedur penilaian yang menghasikan data deskriptif yaitu berupa kata-kata tertulis ataupun lisan. Penelitian ini meneliti 3 subjek perempuan dan 3 subjek laki-laki yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 PUJUT. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan tes kemampuan literasi matematis dan wawancara yang telah disetujui oleh 2 validator. Data dianalisis dengan cara mengolah data dari dua sumber, yakni data hasil tes kemampuan literasi matematis dan data hasil wawancara. Kedua data tersebut kemudian di triangulasi sehingga nantinya akan menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 PUJUT kelas VIII menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa perempuan lebih baik dari pada kemampuan literasi matematis siswa laki-laki. Kemampuan literasi matematis siswa laki-laki hanya mampu menyelesaikan soal tes pada level rendah (level 1 dan 2). Sedangkan siswa perempuan mampu menyelesaikan soal tes sampai pada level sedang (level 4) dan juga level tinggi (level 5).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PISA, Literasi Matematis, Gender
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:54
Last Modified: 19 Sep 2023 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42720

Actions (login required)

View Item View Item