SIMULASI PENGARUH VARIASI BENTUK PISTON HEAD TERHADAP PERUBAHAN MEKANIK MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS DENGAN METODE FINITE ELEMENT ANALYSIS

Ponco Zulfikar, Muhammad (2023) SIMULASI PENGARUH VARIASI BENTUK PISTON HEAD TERHADAP PERUBAHAN MEKANIK MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS DENGAN METODE FINITE ELEMENT ANALYSIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C019114_MUHAMMAD PONCO ZULFIKAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Piston adalah komponen dari mesin pembakaran dalam yang bergerak di dalam silinder motor berfungsi untuk mengubah energi panas hasil pembakaran menjadi energi mekanik yang terhubung dengan poros engkol melalui batang piston dan memutar poros engkol untuk menghasilkan daya. Dalam penelitian ini secara numerik menyelidiki variasi bentuk piston head untuk mengetahui perubahan mekanik yang dipengaruhi oleh tekanan dan suhu permukaan yang statis. Metode yang digunakan adalah FEA (Finite Element Analysis) dengan simulasi Steady state thermal dan Static Structural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan bentuk Piston Head Bowl dan Piston Head Dome terhadap nilai Tegangan Von Mises, Regangan, Deformasi, dan Safety Factor menggunakan software Ansys. Penelitian ini dilakukan secara numerik dengan variasi piston head cekung (bowl) dengan panjang permukaan 3mm, 5mm, 7mm, 9mm, 12mm dengan kedalaman 1,2mm dan piston head cembung (dome) dengan panjang permukaan 3mm, 5mm, 7mm, 9mm, 12mm dengan kemiringan 182⁰. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi bentuk piston head berpengaruh terhadap nilai tegangan von mises, regangan, deformasi, dan safety factor dimana pada piston head cembung (dome) memiliki nilai tegangan von mises dan regangan maksimum lebih rendah dari piston head cekung (bowl), nilai deformasi piston head dome lebih tinggi, dan nilai safety factor minimum piston dome lebih tinggi. Nilai Tegangan Von mises paling rendah yaitu 611,42MPa pada piston head dome, nilai regangan maksimum yaitu 0,007741, nilai deformasi maksimum paling tinggi yaitu 0,055mm pada piston head dome dengan panjang permukaan 12mm, dan nilai safety factor minimum terbaik yaitu 0,515 pada piston head dome.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Piston, Finite Element Analysis, Ansys, perubahan mekanik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:04
Last Modified: 19 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42723

Actions (login required)

View Item View Item