PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEMBAGA PADA HASIL PENGECORAN CYLINDER BLOCK BEKAS SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK

Nur Mahadika, Muhammad (2023) PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEMBAGA PADA HASIL PENGECORAN CYLINDER BLOCK BEKAS SEPEDA MOTOR TERHADAP SIFAT KEKERASAN DAN KEKUATAN TARIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Blok liner silinder merupakan bagian dari blok silinder yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses kerja mesin. Dimana pada bagian ini terjadi proses kerja hisap, kompresi, kerja dan buang. Blok silinder memiliki dua jenis, ada yang dapat diperbaiki dan tidak dapat diperbaiki, untuk memanfaatkan blok silinder yang tidak dapat diperbaiki dengan cara daur ulang dengan pengecoran logam dengan tembaga (Cu) variasi penambahan 5%, 10%, 15% dengan suhu pengecoran 1010⁰C menggunakan cetakan logam. Pengumpulan data dilakukan dengan pengujian kekerasan, pengujian kekuatan tarik, dan pengujian struktur mikro. Dengan bertambahnya presentase tembaga (Cu) pada pengecoran blok silinder, diperoleh kekerasan vikers tertinggi pada penambahan 15% Cu sebesar 229,23 2 kg/mm . Kekuatan tarik tertinggi 15% Cu sebesar 104.218 MPa. Serta struktur mikro dari pengamatan, foto dan fraksi, pada hasil pengecoran yaitu α Al+θ (CuAl2)+βSi lebih kecil dari α Al.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Blok silinder, pengecoran, tembaga, kekerasan vikers dan kekuatan tarik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:04
Last Modified: 19 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42724

Actions (login required)

View Item View Item