PISUKE DALAM PERKAWINAN ADAT SASAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN MEMPELAI WANITA (Studi Di Desa Peresak Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah)

AZLINA, YUFI (2023) PISUKE DALAM PERKAWINAN ADAT SASAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN MEMPELAI WANITA (Studi Di Desa Peresak Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skeripsi FIXS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui proses penentuan pisuke dalam perkawinan adat sasak ditinjau dari tingkat pendidikan mempelai wanita di Desa Peresak Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuanpisuke dalam perkawinan adat sasak di tinjau dari tingkat pendidikan mempelai wanita di Desa Peresak Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan pisuke dalam perkawinan adat sasak ditinjau dari tingkat pendidikan mempelai wanita memili beberapa proses yaitu musyawarah internal keluarga calon mempelai wanita, musyawarah keluarga kedua mempelai dan penyerahan pisuke. faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan pisuke dalam perkawinan adat sasak di tinjau dari tingkat pendidikan mempelai wanita yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari persepsi orang tua dan aturan keluarga.Faktor eksternal terdiri

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pisuke, Perkawinan dan Tingkat Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:04
Last Modified: 19 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42730

Actions (login required)

View Item View Item