PENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

PUTRI CAHYA RAMDHANI, EKA (2023) PENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX TTD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode Whole Brain Teaching dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas VIII A dan VIII C yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan metode Whole Brain Teaching dengan pendekatan saintifik yaitu 71.407 lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan metode ekspositori yaitu 54.814. Kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Whole Brain Teaching dengan pendekatan saintifik memiliki rata-rata lebih besar, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Whole Brain Teaching dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hasil belajar, metode whole brain teaching, pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:04
Last Modified: 19 Sep 2023 07:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42734

Actions (login required)

View Item View Item