ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG PADA AGROWISATA GOLDEN MELON DI DESA KEBON AYU, KECAMATAN GERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Wulandari, Silvia (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG PADA AGROWISATA GOLDEN MELON DI DESA KEBON AYU, KECAMATAN GERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Silvia Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sektor pariwisata berperan penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan dalam upaya mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan di indonesia, sektor pariwisata ini dapat memberikan devisa yang tinggi untuk kemajuan negara Indonesia. Agrowisata didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai objek wisata, baik potensi berupa pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun kekhasan dan keanekaragaman kegiatan produksi serta teknologi pertanian dan juga budidaya dari masyarakat petaninya (Utama, 2018). Salah satu agrowisata yang akhir-akhir ini lumayan terkenal di Lombok Barat dan Sekitarnya adalah Agrowisata golden melon yang berlokasi di Desa Kebon Ayu. Agrowisata golden melon menawarkan keindahan panorama alam dengan hamparan persawahan dan bangunan kayu yang ditata dengan rapi untuk menikmati wisata kuliner yang menjadi salah satu daya tarik agrowisata golden melon tersebut. Potensi wisata yang dimiliki agrowisata golden melon ini nantinya dapat dikembangkan lebih luas dengan tetap memperhatikan sosial ekonomi yang dimiliki. Di mana sosial antara lain seperti tingkat kepuasan pengunjung, serta kesejahteraan pelaku agribisnis, sedangkan ekonomi dalam agrowisata tersebut yaitu pendapatan atau penghasilan,serta tingkat kesesuaian agrowisat golden melon tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung agrowisata golden melon di Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. 2) Menganalisis tingkat kesesuaian sebagai daerah tujuan wisata agrowisata golden melon di Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengunjung pada Agrowisata Golden Melon di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Penentuan jumlah sampel dilakukan secara Accidental sampling dengan pengambilan dilakukan sampel secara wawancara meliputi 30 pengunjung yang pernah mengunjungi agrowisata golden melon Desa Kebon Ayu. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pengunjung dan data seukunder diperoleh dari Badan Pengelola Agriwisata Golden xiv Melon. Metode analisis data dalam penelitian yaitu statistik deskriptif dengan pendekatan Costumer satisfaction index (CSI) dan dengan pendekatan Importance performance analysis (IPA). Analisis tesebut diukur dengan komponen 4A daya tarik wisata seperti attraction (atraksi), amenity (fasilitas), accessibility (aksesibilitas), dan ancillary (pelayanan tambahan). Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis Customer satisfaction indeks, dapat diketahui nilai CSI sebesar 70,73% berada pada interval 66-80% yang berarti tingkat kepuasan pengunjung di Agrowisata Golden melon secara keseluruhan berada pada kategori “puas” terhadap atraksi, fasilitas, aksesibilitas dan pelayanan tambahan. Hal ini menunjukkan bahwa pengunjung merasa puas atas kinerja yang diberikan Agrowisata Golden melon karena sudah sesuai dengan harapan para pengunjung. Adapun perhitungan IPA didapatkan nilai rata-rata tingkat kesesuaian (TKi) tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dari keseluruhan indikator adalah sebesar 88,16% yang berarti tingkat kesesuaian di agrowisata Golden Melon secara keseluruhan berada pada kategori “kurang sesuai”. Di mana, tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan memiliki beberapa hal yang harus ditingkatkan kembali kinerjanya yang berada pada posisi kuadran I yaitu tingkat kesesuaian harga, tempat sampah, kamar mandi, tempat ibadah, dan tempat parkir.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agrowisata, Costumer satisfaction index (CSI), Importance performance analysis (IPA)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:06
Last Modified: 25 Sep 2023 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42754

Actions (login required)

View Item View Item