STRATEGI IMPLEMENTASI PENANGANAN KAWASAN KUMUH DI KOTA MATARAM (IMPLEMENTATION STRATEGY FOR HANDLING SLUM AREAS IN THE CITY OF MATARAM)

ZAMRONI, EM (2023) STRATEGI IMPLEMENTASI PENANGANAN KAWASAN KUMUH DI KOTA MATARAM (IMPLEMENTATION STRATEGY FOR HANDLING SLUM AREAS IN THE CITY OF MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_Final_EM ZAMRONI_NIM I2I021039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permukiman kumuh tidak hanya terdapat di wilayah pedesaan tetapi juga di wilayah perkotaan, termasuk Kota Mataram. Ada beberapa standar untuk mendefinisikan permukiman kumuh, antara lain faktor fisik seperti kondisi bangunan gedung, kondisi penyediaan air minum, kondisi jalan lingkungan, kondisi drainase lingkungan, kondisi pengelolaan air limbah, kondisi pengelolaan persampahan, dan proteksi kebakaran. Selain menilai faktor fisik, analisis juga menilai faktor non fisik seperti faktor sosial dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep yang paling efektif dan menentukan strategi yang optimal untuk mengurangi permukiman kumuh di kawasan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis SWOT untuk menentukan kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancama (Threats) dari masing-masing variabel yang ada dalam penanganan masalah kekumuhan di kota Mataram. Setelah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dengan metode SWOT, langkah selanjutnya adalah menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mengidentifikasi dan menentukan alternatif strategi terbaik menurut skala prioritas. Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kondisi permukiman kumuh di Kota Mataram lebih cenderung ke arah Kekuatan (Strengths) dan Ancaman (Opportunities). Untuk itu strategi SWOT yang paling tepat untuk mengatasi permukiman kumuh di Kota Mataram adalah dengan menggunakan kekuatan untuk menghilangkan ancaman. Memaksimalkan kekuatan yang ada dengan strategi pemanfaatan TPA Regional, strategi perbaikan sistem pengelolaan air limbah yang sesuai standar teknis agar tidak menjadi sumber pencemaran lingkungan, serta mendorong pengembangan industri rumah tangga melalui pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup yang layak, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah, ancaman harus dihindari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): permukiman kumuh, infrastruktur, SWOT, AHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:30
Last Modified: 25 Sep 2023 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/42758

Actions (login required)

View Item View Item